UPT Inkubator Bisnis UBBG Membuka Kelas Ramadan Bagi Anak Usia 3-15 Tahun

18 April 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Inkubator Bisnis Universitas BBG Banda Aceh selama Ramadhan tahun ini membuka Kelas Ramadhan bagi anak usia 3-15 tahun di Gedung kampus setempat Jl. Tanggul Krueng Lamnyong No 34 Rukoh Banda Aceh. Kelas yang dimulai sejak 1 Ramadhan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum di Banda Aceh dan Aceh Besar secara terbuka sampai Ramadhan ke 20 nantinya. Dengan menerapkan moving class, para peserta didik dapat memilih kelasnya sendiri dengan bebas pada sesi I (pukul 08.30 -09.30 wib), sesi II ( 09.30 – 10-30 wib), sesi III (10.30 – 11.30 wib). Selain itu para peserta didik juga diajak untuk melaksanakan Salat Dhuha pukul 08.00 yang dibimbing oleh ustaz/ustazah setiap paginya sebelum pembelajaran dimulai.

Kelas yang dibuka pada tahun ini adalah kelas tahfiz/hafalan juz 30, kelas Pendidikan Agama Islam, Klub Matematika, Klub Sains, English Fun, dan Kelas Bahasa Arab. Para peserta didik akan mendapatkan fasilitas buku penghubung, sertifikat dan piagam penghargaan, study dan religi tour dan tasyakur.

Seluruh pembelajaran menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi setiap kelas dalam satu ruangan hanya 5 anak yang diasuh oleh 2 tentor. Para tentor adalah mahasiswa keguruan STKIP BBG yang lulus seleksi dan mengikuti micro teaching khusus sebagai pengasuh di kelas Ramadhan ini. Rektor Universitas BBG Dr. Lili Kasmini, M.Si mengharapkan kegiatatan ini dapat menjadi penguatan karakter Islami baik pada mahasiswa BBG maupun masyarakat kota Banda Aceh, terutama yang berada di sekitar kampus. Sementara itu Ully Muzakir, MT selaku Warek II menyebutkan bahwa sebagai program bina lingkungan kita kepada masyarakat dan penduduk sekitar kampus kita membebaskan biaya pendaftaran bagi peserta didik yang tinggal disekitar kampus dan potongan infaq 50 persen bagi anak yatim, piatu dan yatim piatu.

Devrina Putri salah satu orang tua peserta didik kelas Ramadhan BBG sangat mengapresiasi kegiatan ini dan senang mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan positif dan terintergrasi ini. “Alhamdulillah banyak kemajuan yang diperoleh oleh putra saya, selain itu buku penghubung dan koordinasi dari para pendidik sangat baik ke kami orang tua sehingga progress anak setiap hari dapat kami pantau dan perhatikan”, pujinya.

Serupa dengan para orang tua, para peserta didik selama menjalani kelas Ramadhan juga terlihat senang dan bahagia. Aisyah (3 tahun) senang bisa belajar dikampus dengan kakak-kakak pengajar yang ramah dan menyenangkan. “Aisyah suka sekolah disini, enak belajarnya gak terasa, kayak lagi bermain aja” ungkapnya dengan polos. Bagi masyarakat Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yang ingin mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lengkap bisa menghubungi Ustazah Rizka (0813-7742-2830) dan Kak Selvia (0822-4304-7957).

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa