Sejarah

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG) berdiri sejak 5 September 2003, berdasarkan surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 138/D/0/2003, ditandatangani oleh Dirjen Dikti Satryo Soemantri Brojonegoro.

Pada awal pendirian sekolah tinggi di tahun 2003, program studi yang diselenggarakan ada 3 yaitu S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, D2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan D2 Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK).

Pada tahun 2008, ada 3 program studi baru yang diselenggarakan oleh STKIP BBG yaitu, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Matematika dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Pada tahun 2009 ada 1 program studi baru yang diselenggarakan yaitu S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Dan pada akhir tahun 2009 (dalam hal ini legalitas berjalannya SK operasional) dimulai pada tahun 2010 diselenggarakan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Pada tahun 2016, seluruh program studi di STKIP BBG telah meningkatkan status akreditasinya menjadi B. Pada tahun 2017, STKIP BBG meraih akreditasi institusi B. Dan pada tahun 2020, STKIP BBG pun dipercaya untuk membuka program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG).

LLDikti Wilayah III Aceh juga turut memberikan penghargaan kepada STKIP BBG sebagai perguruan tinggi terbaik kategori sekolah tinggi selama tiga tahun berturut-turut yakni 2018, 2019, dan 2020.

Pada tanggal 9 April 2021, berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 128/E/O/2021 yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti Prof. Ir. NIZAM, M.Sc., Ph.D memberikan izin penggabungan STIKes Getsempena Lhoksukon dan STKIP BBG Banda Aceh menjadi Universitas Bina Bangsa Getsempena di Kota Banda Aceh.

Ada 1 program studi baru yang diselenggarakan sejak awal penggabungan menjadi universitas yaitu S1 Ilmu Komputer. Sedangkan program studi lain yang dulunya berasal dari STIKes Getsempena Lhoksukon antara lain Pendidikan Profesi Ners, Pendidikan Profesi Bidan, D3 Kebidanan, S1 Kebidanan, dan S1 Keperawatan.

Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) memiliki 2 fakultas antara lain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan (FSTIK).

Lihat Lampiran Salinan SK

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa