KANAL, Ajang Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP BBG

6 Februari 2019 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Seorang perempuan menabuh rapai dalam ruangan temaram. Seorang lelaki membaca puisi dengan suara parau. Suasana hening. Itulah penampilan musikalisasi puisi  yang merupakan bagian dari program Kreativitas Final (KANAL). Kegiatan berlangsung di aula kampus STKIP BBG, Rabu (6/2/2019). Aneka kreativitas mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia digelar pada kegiatan KANAL ini di antaranya musikasliasi puisi, teater, nazam, dalael khairat, syair, hikayat, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada pemutaran film dokumenter Perempuan Aceh yang merupakan hasil penelitian kerja sama perguruan tinggi dosen Pendidikan Bahasa Indonesia yakni Rismawati, M.Pd. dan Hendra Kasmi, M.Pd.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang positif baik bagi kampus maupun Prodi. Apalagi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sekarang sedang mempersiapkan akreditasi Prodi. Beliau juga berharap kepada mahasiswa tidak semata mengharapkan nilai dari kegiatan final mata kuliah kesusastraan ini, tetapi juga kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan, rasa percaya diri, sosial, dan sikap saling menghargai.

“Ibu sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apresiasi juga untuk mahasiswa yang rela menunda liburan demi suksesnya kegiatan ini. Luar biasa antusiasnya,”ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Teuku Mahmud, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Beliau berharap kegiatan ini terus dilakukan dan juga dipublikasikan ke masyarakat luas supaya masyarakat tahu bahwa STKIP BBG memillki banyak kreativitas. “Semoga melalui kegiatan ini akan lahir talenta-talenta baru dalam bidang sastra  yang akan mengharumkan nama kampus STKIP BBG,”ujarnya.

Kegiatan ini merupakan output dari matakuliah Sejarah Sastra, Pementasan Sastra, dan Puisi yang diasuh oleh Rismawati, M.Pd. “Kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan, rasa percaya diri, meningkatkan jiwa sosial, dan tentunya juga menggali bakat-bakat mahasiswa. Di zaman milenial ini kegiatan seperti ini perlu digalakkan untuk menyeimbangi sifat individualis mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini cukup menyenangkan bagi mahasiswa sehingga di saat-saat seperti inilah  mudah untuk memotivasi ke arah yang lebih baik.”

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa