KANAL, Ajang Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP BBG

6 Februari 2019 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS—Seorang perempuan menabuh rapai dalam ruangan temaram. Seorang lelaki membaca puisi dengan suara parau. Suasana hening. Itulah penampilan musikalisasi puisi  yang merupakan bagian dari program Kreativitas Final (KANAL). Kegiatan berlangsung di aula kampus STKIP BBG, Rabu (6/2/2019). Aneka kreativitas mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia digelar pada kegiatan KANAL ini di antaranya musikasliasi puisi, teater, nazam, dalael khairat, syair, hikayat, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada pemutaran film dokumenter Perempuan Aceh yang merupakan hasil penelitian kerja sama perguruan tinggi dosen Pendidikan Bahasa Indonesia yakni Rismawati, M.Pd. dan Hendra Kasmi, M.Pd.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang positif baik bagi kampus maupun Prodi. Apalagi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sekarang sedang mempersiapkan akreditasi Prodi. Beliau juga berharap kepada mahasiswa tidak semata mengharapkan nilai dari kegiatan final mata kuliah kesusastraan ini, tetapi juga kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan, rasa percaya diri, sosial, dan sikap saling menghargai.

“Ibu sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apresiasi juga untuk mahasiswa yang rela menunda liburan demi suksesnya kegiatan ini. Luar biasa antusiasnya,”ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Teuku Mahmud, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Beliau berharap kegiatan ini terus dilakukan dan juga dipublikasikan ke masyarakat luas supaya masyarakat tahu bahwa STKIP BBG memillki banyak kreativitas. “Semoga melalui kegiatan ini akan lahir talenta-talenta baru dalam bidang sastra  yang akan mengharumkan nama kampus STKIP BBG,”ujarnya.

Kegiatan ini merupakan output dari matakuliah Sejarah Sastra, Pementasan Sastra, dan Puisi yang diasuh oleh Rismawati, M.Pd. “Kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan, rasa percaya diri, meningkatkan jiwa sosial, dan tentunya juga menggali bakat-bakat mahasiswa. Di zaman milenial ini kegiatan seperti ini perlu digalakkan untuk menyeimbangi sifat individualis mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini cukup menyenangkan bagi mahasiswa sehingga di saat-saat seperti inilah  mudah untuk memotivasi ke arah yang lebih baik.”

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa

 BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas dan Peusijuek Dosen UBBG yang Akan Menempuh Jenjang Pendidikan Doktor BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh BBG  NEWS Fantastis, Mahasiswa Penjas UBBG Ini Raih Perunggu pada Kejuaraan Nasional Bela Diri Hapkido BBG  NEWS UBBG Resmi Memperoleh Sertifikat Organisasi Internasional untuk Standardisasi BBG  NEWS UBBG Adakan Penjajakan Kerja Sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh BBG  NEWS BBG TV: Satu-Satunya PTS Aceh Adakan Tes Substantif PPG Prajab untuk 400 Calon Guru BBG  NEWS Menuju Smart University, UBBG Akan Tingkatkan Layanan Kehumasan BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Referee of Discus Throws I ASEAN Paragames 2022 BBG  NEWS 400 Calon Guru Ikut Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 di Kampus UBBG BBG  NEWS Prodi PBI UBBG Terpilih Sebagai Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemdikbud BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas dan Peusijuek Dosen UBBG yang Akan Menempuh Jenjang Pendidikan Doktor BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh BBG  NEWS Fantastis, Mahasiswa Penjas UBBG Ini Raih Perunggu pada Kejuaraan Nasional Bela Diri Hapkido BBG  NEWS UBBG Resmi Memperoleh Sertifikat Organisasi Internasional untuk Standardisasi BBG  NEWS UBBG Adakan Penjajakan Kerja Sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh BBG  NEWS BBG TV: Satu-Satunya PTS Aceh Adakan Tes Substantif PPG Prajab untuk 400 Calon Guru BBG  NEWS Menuju Smart University, UBBG Akan Tingkatkan Layanan Kehumasan BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Referee of Discus Throws I ASEAN Paragames 2022 BBG  NEWS 400 Calon Guru Ikut Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 di Kampus UBBG BBG  NEWS Prodi PBI UBBG Terpilih Sebagai Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemdikbud BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas dan Peusijuek Dosen UBBG yang Akan Menempuh Jenjang Pendidikan Doktor BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh BBG  NEWS Fantastis, Mahasiswa Penjas UBBG Ini Raih Perunggu pada Kejuaraan Nasional Bela Diri Hapkido BBG  NEWS UBBG Resmi Memperoleh Sertifikat Organisasi Internasional untuk Standardisasi BBG  NEWS UBBG Adakan Penjajakan Kerja Sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh BBG  NEWS BBG TV: Satu-Satunya PTS Aceh Adakan Tes Substantif PPG Prajab untuk 400 Calon Guru BBG  NEWS Menuju Smart University, UBBG Akan Tingkatkan Layanan Kehumasan BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Referee of Discus Throws I ASEAN Paragames 2022 BBG  NEWS 400 Calon Guru Ikut Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 di Kampus UBBG BBG  NEWS Prodi PBI UBBG Terpilih Sebagai Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemdikbud