BBG TV: Prof. Marwan Ramli Bagikan Tips Lejitkan Publikasi Bereputasi Era 4.0

12 Desember 2019 | BBG News

PDF version

Prof. Dr. Marwan Ramli, S.Si M.Si. (pakar penulisan artikel ilmiah)  menyampaikan beberapa tips dalam menulis artikel dan mempublikasikan artikel jurnal bereputas pada Workhop Publikasi Bereputasi.  Kegiatan yang bertema,” Tips Melejitkan Publikasi Bereputasi di Era 4.0” berlangsung di aula kampus BBG, Selasa (10/12/2019).

“Salah satu cara untuk mempublikasikan sebuah karya ilmiah adalah dengan cara tidak bekerja  sendiri, karena mustahil sebuah keputusan dicapai sendiri tetapi kita butuh orang lain untuk bekerja sama dalam mencapai satu tujuan. Penelitian itu wajib karena penelitian merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi, “ujar dosen Program Studi Matematika Universitas Syiah Kuala ini. Selain itu,  melalui penelitian kita bisa menulis sebuah artikel. Dalam penelitian antara dosen dan mahasiswa hasilnya akan menjadi sebuah kerjasama bukan hanya penelitian dosen. Akan tetapi akan lebih bagus apabila tulisan sebuah penelitian dimodifikasi dan dicantumkan tim kerjasama dalam penelitian tersebut karena single author itu tidak bagus.

Beliau juga menyinggung beberapa manfaat menulis artikel yakni aktualisasi diri dalam kepakaran, mendapatkan pengakuan profesional dari kalangan profesi, memberikan konstribusi, memperlancar peningkatan karir akademik, membangun  critical masa dalam bidangnya menjalin linkages dengan sesama peneliti. Walau demikian, ada juga beberapa penyimpangan yang harus dihindari sang penulis artikel yakni pubrikasi, farsifikasi, plagiat, kepengarangan yang tidak sah, konflik kepentingan dan pengajuan jamak.

Laporan: Intan Maghfirah, Yulidarawati, dan Muammar

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa