Lirik Himne dan Mars Pramuka Lengkap dengan Artinya

10 Agustus 2024 | BBG News

Himne Pramuka dan Mars Pramuka merupakan lagu wajib yang dihafalkan anggota Praja Muda Karana atau Pramuka. Dua lagu tersebut dinyanyikan saat Hari Pramuka setiap 14 Agustus. Dalam bait Himne Pramuka, dijelaskan Pramuka merupakan manusia pancasila. Lagu tersebut menggambarkan identitas yang terkandung pada Pramuka. Sementara Mars Pramuka menceritakan tentang semangat dan cita-cita yang ada pada anggotanya. Inilah lirik Himne Pramuka dan Mars Pramuka untuk dinyanyikan pada 14 Agustus 2024, lengkap serta artinya.

Lirik Himne Pramuka

Himne Pramuka atau Himne Satya Darma Pramuka diciptakan seorang tokoh utama kepanduan sekaligus komposer musik lagu-lagu perjuangan. Ia adalah M Husein Mutahar. Husein lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 5 Agustus 1916. Ia meninggal pada 9 Juni 2014 di Jakarta. Selain Himne Pramuka, ia juga menciptakan Himne Syukur dan lagu Hari Merdeka. Berikut ini lirik Himne Pramuka:

Himne Pramuka

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku kudharmakan
Dharmaku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia Tanah airku
Kami jadi pandumu

Arti Himne Pramuka

Berdasarkan KBBI, kata hymne atau himne berarti nyanyian pujaan untuk Tuhan dan sebagainya atau disebut juga dengan gita puja. Pasal 35 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2010 mencantumkan himne sebagai atribut Gerakan Pramuka yang mempunyai hak cipta.

Lagu ini menegaskan tugas dan fungsi utama dari Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan terhadap anak-anak, untuk semakin cinta Tanah Air serta ikut dalam membangun bangsa. Terdapat juga kiasan yang menggambarkan semangat kebangsaan.

Lirik Mars Pramuka

Mars Pramuka atau Mars Jayalah Pramuka diciptakan seorang tokoh utama kepanduan sekaligus komponis musik lagu perjuangan yakni H. Munatsir Amin. Lagu ini bermakna sebagai semangat dan cita-cita Pramuka dalam membentuk generasi muda yang mempunyai karakter, disiplin, dan keberanian. Berikut lirik Mars Pramuka:

Mars Pramuka

Gerakan Pramuka Praja Muda Karana
Sebagai wahana kaum muda suka berkarya
Kader pembangunan sebagai perekat bangsa
Disiplin berani dan setia berakhlak mulia
Bersatu padu menyongsong masa depan yang gemilang
Satu pramuka untuk satu Indonesia
Melangkah maju menuju masyarakat yang sentosa
Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia

Arti Mars Pramuka

Dikutip detikEdu dari Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik milik Harpang Yudha Karyawanto, mars mempunyai ciri khas makna yang mencerminkan suatu lembaga. Baik itu dari sisi internal maupun eksternal.

Dapat dipahami bahwa Mars Jayalah Pramuka menunjukkan jati diri Pramuka Indonesia dan sifat anggotanya. Disebutkan pramuka merupakan wahana kaum muda untuk berkarya dan melangkah maju menuju Indonesia Jaya.

Anggota pramuka dibina dan dibentuk menjadi kader pembangunan yang memiliki sikap disiplin, berani, setia dan juga berakhlak mulia. Keseluruhan sifat menjadi satu kesatuan untuk Indonesia.

Demikianlah ulasan mengenai lirik lagu Pramuka, lengkap dengan makna dan profil penciptanya. Semoga menambah wawasan ya!

Artikel ini telah tayang di detikEdu dengan judul “Lirik Himne dan Mars Pramuka Lengkap Artinya”, https://www.detik.com/sumbagsel/budaya/d-7482106/lirik-himne-dan-mars-pramuka-lengkap-artinya.

Bagikan
partner-1
partner-2
partner-3
partner-4
partner-5
partner-6
partner-7
partner-8
partner-9
partner-10
partner-11
partner-12
partner-13
partner-14
partner-15
partner-16
Skip to content