Ilkom UBBG Adakan Talkshow Bisnis Digital, Rektor: Ciptakan Bisnis Ramah Teknologi

29 Juli 2024 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Program Studi Ilmu Komputer Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) melaksanakan Talkshow Bisnis Digital, Sabtu (27/7/2024). Talkshow ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aspek-aspek kunci digitalisasi dalam bisnis dan memberikan wawasan kepada para peserta mengenai praktik terbaik, strategi, dan perkembangan terbaru di dunia digital. Narasumber kegiatan tersebut adalah Sugianto ST, M.Kom serta dipandu oleh Mukhroji, MT (Ketua Prodi Ilmu Komputer UBBG).

Talkshow dibuka oleh Rektor UBBG Dr. Hj. Lili Kasmini, S.Si.,M.Si. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan digital yang paling pesat di Asia Tenggara. Menurut sang rektor, bisnis yang ingin sukses saat ini harus ramah teknologi untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas dan mudah menjangkau audiens. Dia juga menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial dan membangun hubungan baik dengan pelanggan potensial.

“Di era digital ini, penting bagi bisnis untuk menyesuaikan diri dengan perilaku pelanggan yang berubah. Dia mengamati bahwa beberapa bisnis masih kurang memanfaatkan teknologi digital, bahkan masih minim pengetahuan tentang internet. Para pelaku usaha harus mengenali pelanggan mereka dan menyediakan pelayanan yang ramah teknologi agar dapat bersaing dengan produk impor dan e-commerce,” ujar Lili.

Sugianto ST, M.Kom, sang narasumber berbagi tips tentang berbisnis di era digital. Dia menyoroti pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai platform pemasaran yang efektif. Dengan menggunakan iklan berbayar di Instagram, Facebook, atau TikTok, bisnis dapat menjangkau audiens target secara lebih spesifik dan efisien.

Selain itu, narasumber juga menyarankan untuk membangun brand persona dan audiens persona melalui sosial media untuk meningkatkan daya tarik bisnis. Setelah membangun kehadiran di media sosial, bisnis dapat mempertimbangkan untuk membuka toko online atau memanfaatkan marketplace sebagai langkah selanjutnya. Dalam penutup wawancaranya, Sugianto memberikan tips dan trik tambahan bagi pebisnis yang ingin memulai bisnis digital. Dia menyarankan untuk memulai dengan pembuatan akun media sosial yang jelas, dengan nama yang mudah diingat dan dibaca. Selanjutnya, narasumber menekankan pentingnya rutin melakukan posting berkualitas dan mengubah akun sosial media menjadi akun bisnis.

“Dengan mengubah akun menjadi akun bisnis, bisnis dapat memanfaatkan iklan berbayar untuk mencapai audiens yang lebih luas,” jelasnya.

Bagikan
partner-1
partner-2
partner-3
partner-4
partner-5
partner-6
partner-7
partner-8
partner-9
partner-10
partner-11
partner-12
partner-13
partner-14
partner-15
partner-16
Skip to content