Dua Mahasiswa S1 Kebidanan UBBG Raih Juara Sayembara Menulis Naskah Cerita

3 Juli 2024 | BBG News

Laporan: Nurul Safitri

BANDA ACEH, BBG NEWS–Prestasi tiada henti diukir oleh putra-putri terbaik kampus tercinta. Kali ini prestasi diraih oleh mahasiswa S1 Kebidanan UBBG atas nama Anita Ridayanti dan Windi Syahputri. Kedua mahasiswa ini meraih Juara Favorit Lomba Sayembara Menulis Naskah Cerita Kesehatan Reproduksi Remaja Tingkat Nasional, Rabu (3/7/2024). Anita Ridayanti mengangkat judul Pilihan yang Bijak,  sementara Windi Syahputri mengangkat judul Tak Ada Cinta pada Jalan yang Salah.

Bd. Rahmisyah, SST., M. Kes, Ketua Prodi S1 Kebidanan UBBG menyampaikan selamat dan sukses kepada mahasiswa S1 Kebidanan yang meraih prestasi di tingkat nasional. Beliau menyatakan bahwa dalam cerpen tersebut mereka mengungkapkan permasalahan kesehatan yakni tentang reproduksi yang baik dan banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh remaja pada masa pertumbuhan mereka.

“Ini  perdana mereka menulis ikut lomba ditingkat Nasional. Saat ini kebetulan mereka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba tersebut, dan mereka ditetapkan sebagai juara juga dilihat dari penulisannya yang baik. Meski mereka mendapat juara favorit meskipun belum mendapatkan juara pertama, tetapi ini menjadi hal yang bisa kita banggakan. Karena awal untuk memulai menulis itu adalah motivasi dari diri sendiri,”ujarnya.

Beliau menyampaikan bahwa sering menyampaikan informasi perlombaan kepada mahasiswa supaya mereka termotivasi untuk mengikuti lomba dan kegiatan lain baik di kampus maupun di luar kampus. Rahmi berharap semoga ke depannya mereka makin meningkatkan kemampuannya dan bisa mengedukasi masyarakat dengan tulisan mereka.

Anita, penulis yang meraih juara menyatakan bangga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk kampus tercinta. Anita menyatakan bahwa persiapannya untuk mengikuti lomba, Dia banyak belajar dari membaca naskah-naskah penulis cerita terdahulu lalu hubungkan dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan mengingat banyak sekali kronologi yang terjadi di lapangan sehingga mendorongnya untuk menyumbangkan ide-ide.

“Semoga cerita saya  dapat memberikan motivasi kepada generasi-generasi sekarang. Saya juga sering menulis di website untuk melatih kemampuan diri dalam membuat cerita. Hal ini dilakukan ketika waktu kosong di sela-sela perkuliahan dan praktek di rumah sakit,”ujarnya.

Windi Syahputri yang juga sang penulis yang meraih juara menyatakan bahwa sebelumnya ia  memang suka membaca. Terlebih lagi membaca novel atau cerpen inspiratif lainnya karena hobi tersebut membuat saya tertarik untuk menjadi seorang penulis novel inspiratif yang karya tulisnya banyak memberi makna dan pelajaran bagi para pembacanya.

“Ketika ada lomba saya langsung  ikut. Sayembara ini membuat saya tertarik untuk menyumbangkan ide yang saya kaitkan dengan kejadian nyata yang sering terjadi saat ini. Terlebih lagi pada kesehatan reproduksi remaja. Dengan demikan, saya sangat berharap tulisan saya dapat memberikan inspirasi dan pelajaran bagi para pembacanya. Saya juga mohon doa, saran, dan kritikan agar saya bisa terus berkarya lebih baik lagi ke depannya,”ujarnya.

Wakil Rektor II Bidang Umum, Keuangan, dan Kemahasiswaan Ully Muzakir, M.T. menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa S1 Kebidanan. Beliau berharap ini menjadi inspirasi kepada mahasiswa lainnya, khususnya Prodi di lingkungan Fakultas Sains, Teknologi, dan Ilmu Kesehatan (FSTIK). Institusi selalu mendukung segala bentuk program kegiatan minat bakat mahasiswa.

Bagikan
partner-1
partner-2
partner-3
partner-4
partner-5
partner-6
partner-7
partner-8
partner-9
partner-10
partner-11
partner-12
partner-13
partner-14
partner-15
partner-16
Skip to content