Ahmad Irada, Kisah Perjalanan Inspiratif Sang Juara

2 Juli 2024 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Ahmad Irada, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bina Bangsa Getsempena, membanggakan Aceh dengan prestasinya sebagai Juara Umum Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Provinsi pada tahun 2017. Pada tahun yang sama, Irada juga memperoleh gelar Duta Wisata Simeulue. Menandai kontribusinya yang luar biasa dalam mewakili budaya dan potensi pariwisata Aceh. Sejak dulu, Irada telah menunjukkan semangat juangnya, bermula dari masa belajarnya di Pesantren Al Munjiya di Aceh Selatan, di mana dia dikenal sebagai penerima beasiswa penuh dari Yayasan Getsempena.

Ketekunan dan semangat juang Irada terlihat dalam kebiasaannya yang konsisten menggunakan sepeda untuk pergi ke kampus selama masa kuliahnya. Kedisiplinan ini mencerminkan dedikasi dan kesungguhan Irada dalam mengejar pendidikan dan mengasah kemampuannya di bidang bahasa Inggris. Setelah menamatkan pendidikannya, Irada melangkah ke Jakarta, di mana ia meniti karier profesionalnya di Bank BRI Jakarta Gading Boulevard sejak tahun 2022. Langkah ini tidak hanya menunjukkan kemampuan akademisnya, tetapi juga keberanian dan ketangguhannya dalam menghadapi tantangan baru di ibu kota.

Kisah hidup Irada menjadi bukti nyata tentang bagaimana kesabaran, kegigihan, dan tekad yang kuat dapat membawa seseorang meraih mimpi dan kesuksesan. Perjalanan hidupnya tidaklah mudah, tetapi setiap rintangan dihadapinya dengan penuh semangat dan keuletan. Irada tidak hanya menjadi panutan bagi generasi muda Aceh, tetapi juga teladan bagi mereka yang bermimpi besar dan berani mengejar cita-cita mereka di dunia yang penuh persaingan ini.

Rektor Universitas Bina Bangsa Getsempena Dr. Hj. Lili Kasmini, S.Si.,M.Si. berharap bahwa Irada akan menjadi inspirasi bagi banyak orang, tidak hanya dalam bidang akademis dan profesional, tetapi juga sebagai contoh nyata dari semangat dan keberhasilan dari Aceh untuk Indonesia. Kesuksesan yang diraih Irada menjadi cerminan dari upaya keras dan tekad yang ditanamkan dalam dirinya sejak awal, serta dukungan yang diberikan oleh lingkungan pendidikan dan masyarakat Aceh.

Baca Juga: Ahmad Irada, Sang Juara Yang Menginspirasi

Ahmad Irada, Sang Juara yang Menginspirasi

Anda patut tercengang dengan prestasi yang sudah diraih oleh pemuda tampan, ramah, dan cerdas ini. Orang tua mana yang tidak bangga melihat anaknya bergelimang prestasi? Dialah Ahmad Irada, mahasiswa asal Simeulue kelahiran 13 November 1996. Irada bersekolah hanya dengan membawa bekal doa orang tua. Selebihnya hanyalah semangat yang menggebu dan tidak pernah pudar. Usai mengecap pendidikan di Pesantren Al Munjiya Aceh Selatan, ia melanjutkan kuliah di UBBG Banda Aceh dan menjadi salah satu penerima beasiswa penuh dari yayasan Muhammad Daud Fatimah.

Di awal kuliah, Irada kerap mendayung sepeda ke mana pun ia pergi. Bahkan sampai menempuh jarak 2-5 kilometer. Pada sepeda itu dia gantungkan segalanya, niat yang tulus dalam menuntun asa, dan tentunya harapan orang tuanya. Sepeda itu yang mengantarkannya ke berbagai kegiatan, seminar, workshop dan talkshow. Selain itu, dia juga mencari tambahan biaya hidup di rantau orang dengan menjadi pengajar Al Quran di TPA Raudhatul Mukminin dan pengajar privat anak berkebutuhan khusus.

Selain kegiatan yang rutin dilakukan, Irada juga turut mengintip berbagai ajang perlombaan baik di dalam kampus maupun di luar. Berikut ini ajang perlombaan yang pernah dimenangkan Ahmad Irada yakni Juara 1 Lomba Menulis Surat Cinta Rasul pada acara Maulid Nabi Muhammad yang diadakan di kampus STKIP BBG, Juara 2 Lomba Hafidz Tingkat STKIP BBG, Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia, Juara 3 Tangloeng Dance Festifal, Juara Harapan 1 Lomba Debat Hukum Fakultas FISIP Unsyiah, Finalis Duta Mahasiswa Genre Aceh 2016, Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) se-Aceh, dinobatkan sebagai Duta Wisata Simeulue 2017 dan kandidat Duta Wisata Aceh 2017.

Selain prestasi tersebut, saat ini Ahmad Irada juga terpilih sebagai delegasi ENJ (ekspedisi Nusatara Jaya). Ia akan mengelilingi pulau yang ada di Aceh pada Agustus-September 2017. Ternyata, pemuda asal Simeulue tersebut saat ini telah bekerja sebagai Tourist Guide berlisensi dan bersertifikasi Aceh DPC Banda Aceh. Tentunya Irada kerap membawa wisatawan yang berkunjung ke Aceh.

Berikut ini adalah kata-kata bijak yang selalu memotivasi Irada dalam berbagai kegiatan. Semoga yang disemogakan dapat tersemogakan (Karunia Pratama), What doesn’t kill you make you strongest (Pandu Satria) Don’t be too proud, because too proud will lead you into vanity (Mulyadi Syahputra, M.Pd.) Jangan sombong dan tetap rendah hati (Sri Wahyuni, M.Pd)

“Dengan kata-kata motivasi itu, saya lebih bersemangat dan muhasabah diri dalam menjalani hidup” pungkasnya.

Bagikan
partner-1
partner-2
partner-3
partner-4
partner-5
partner-6
partner-7
partner-8
partner-9
partner-10
partner-11
partner-12
partner-13
partner-14
partner-15
partner-16
Skip to content