Wakili Kampus di Ajang NUDC 2021, Tim Debat UBBG Ikuti Seleksi Tingkat Provinsi

22 Juni 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Hairil & Lusy Sulita, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, menjadi delegasi kampus Universitas BBG pada ajang debat tahunan yang diselenggarakan oleh Pusrpesnas, yakni National University Debating Championship (NUDC) 2021 tingkat Provinsi Aceh. Seleksi tingkat wilayah yang di selenggarakan pada Senin (21/6/2021) pukul 09.00 – 16.00 WIB tersebut bertujuan untuk menyeleksi kandidat yang layak mewakili provinsi ke tingkat nasional.

Kompetisi yang berlangsung dengan baik ini tidak lepas dari peran dan bimbingan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Sri Wahyuni, M.Pd., Pelatih Debat Mulyadi Syahputra, M.Pd. dan pendamping peserta (N1 Adjudicator) Cut Yaslinar. Antusiasme para anggota lainnya dari UKM Insiders tersebut pun patut diapresiasi. Mereka ikut andil dalam memberikan dukungan dan bantuan agar proses seleksi berjalan lancar.

Perjuangan tim debat BBG untuk lolos ke tingkat nasional layak diacungi jempol. Pasalnya, seleksi yang harus dilalui sangat menyita waktu dan tenaga, namun ketua prodi, pelatih, peserta dan anggota UKM Imsiders lainnya tetap mengikuti prosedur perlombaan dengan cukup sabar dan berhati-hati.

Ada tiga tahapan yang harus dilewati pada seleksi tersebut yakni dua seleksi secara personal dan satu seleksi secara tim. Seleksi secara personal terdiri dari dua mosi/ topik berbeda sehingga Hairil & Lusy Sulita memiliki peran dan Kubu berbeda. Pada tahap pertama, Lusy Sulita bertindak sebagai pembicara pertama (PM) dari kubu Pemerintah sementara Hairil bertindak sebagai pembicara pertama (LO) dari kupu Oposisi. Kemudian selanjutnya diikuti oleh tapah ketiga dimana kedua duanya memperoleh topik yang sama dan pada kubu yang sama, yakni sebagai tim Closing Government dimana sebagai pembicara pertama adalah Hairil dan kedua yaitu Lusy.

Mulyadi Syahputra, M.Pd selaku pelatih debat sekaligus pembimbing pada seleksi tersebut mengatakan bahwa seleksi tersebut sangat menantang karena mekanisme seleksi yang diterapkan sangat menuntut kita untuk mampu mengefisienkan waktu semaksimal mungkin dan pada saat yang sama kita harus memberikan penampilan yang terbaik.

“Ada beberapa kali pengulangan saat pengambilan video berlangsung sehingga kita harus benar-benar sabar dan tidak boleh gegabah atau bahkan menyerah. Bahkan masalah yang dihadapi tidak sampai disitu saja kita harus sesegera mungkin mengunggah dan mengirimkan link unggahan tersebut pada portal yang sudah disediakan. Jika telat, maka portal akan ditutup dan tim dianggap gagal. Namun, Alhamdulillah berkat integritas dan kerja sama yang baik, semuanya bisa dilewati dengan baik”ujarnya.

Sri Wahyuni, M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UBBG yang turut mengambil peran sebagai pembimbing juga mengapresiasi kerja sama seluruh stakeholders yang terlibat dalam mengikuti seleksi tersebut. Ia juga tak lupa memberikan dukungan kepada peserta yang menjadi delegasi kampus.

“Alhamdulillah peserta dari kampus UBBG telah menjalani proses seleksi kompetisi dengan baik. Kita doakan bersama semoga tim lolos tingkat nasional. Mohon dukungan dari civitas akademika UBBG, ” ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas BBG Dr. Lili Kasmini, M. Si. mengapresiasi perjuangan tim debater kampus. UKM Insiders sejak didirikan telah banyak menghasilkan talenta-talenta yang luar biasa dan kerap meraih prestasi pada berbagai kompetisi debat. Bahkan tim insiders UBBG selalu meraih juara bertahan pada ajang Pilmapres dan NUDC tingkat provinsi Aceh.

“Selamat untuk tim. Terima kasih kepada kepada dosen pembimbing dan pelatih yang tidak kenal lelah dalam membina mahasiswa. Hal ini semata demi kemajuan kampus tercinta. Terima kasih juga kepada mahasiswa yang telah berjuang dengan gigih. Semoga perjuangan ini membuahkan hasil yang baik, “ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa