Waket I DPR Aceh dan Ketua APTISI Pusat Pembicara Pada Raker PTS Aceh di STKIP BBG

14 Maret 2017 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Wakil Ketua I DPR Aceh Drs. Sulaiman Abda, M.Si.,  Ketua APTISI Pusat Prof. Dr. Ir. M. Budi Djatmoko, M.Si. M.E.I., Koordinator Kopertis Wilayah XIII Prof. Ir. Jamaluddin Idris, M.Ed.  menjadi pembicara pada  Raker  Penyelenggara PTS Kopertis Wilayah XIII di Plenary Hall STKIP BBG, Selasa (14/3).

Drs. Sulaiman Abda, M.Si. (Wakil Ketua I DPR Aceh) dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa pemerintah selalu menjadi mitra perguruan  tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh. Hal ini dibuktikan pemerintan Aceh selalu mengangarkan dana Otsus  tiap tahun. “Saya selalu siap memfasilitasi penyelenggara PTS dengan pemerintah Aceh. Insya Allah kami akan menerima masukan Bapak/Ibu demi  kemajuan pendidikan di Aceh. Saya yakin  Aceh akan menjadi provinsi yang maju dalam bidang pendidikan dan disegani di Indonesia,” ujarnya.

Prof. Ir. Jamaluddin Idris, M.Ed. (Koordinator Kopertis Wilayah XIII) dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa ada beberapa fungsi program pembinaan Kopertis yakni pendampingan SPM, akreditasi institusi dan prodi, program pembinaan Bimtek kelembagaan, dan sosialisasi aturan. “Kami berharap PTS Aceh akan menjadi besar tanpa mengenyampingkan peraturan perundang-undangan untuk meningkatkan daya saing bangsa,”ujarnya.

Prof. Dr. Ir. M. Budi Djatmiko, M.Si. M.E.I. (Ketua APTISI Pusat)  dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa daya saing merupakan efisiensi dan afektivitas yang memiliki sasaran yang tepat dalam menentukan arah dan hasil kinerja. Selain itu, beliau juga menyarankan bahwa ketua yayasan harus mampu mengarahkan rektor untuk menempati posisi yang menguntungkan agar memiliki daya saing.

Drs. Musdiani, M.Pd., seorang peserta diskusi berharap dalam acara ini bukan hanya perwakilan DPR  saja yang hadir  tetapi juga perwakilan pemerintah Aceh. “Kalau begini terus tidak ada hasil dari asiprasi masyarakat. Seharusnya pemerintah juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dosen dan menganggarkan dana Otsus untuk PTS sama dengan PTN,” ujarnya. Moderator acara adalah Regina Rahmi, M.Pd. (Waket III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama STKIP BBG).

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa