UTI STKIP BBG Tidak Asing Lagi dengan Webex

30 Mei 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Perwakilan UTI dari perguruan tinggi di bawah naungan Kopertis XIII Aceh mengikuti Pelatihan Aplikasi Webex. Sementara dari STKIP BBG diwakili oleh Achyar Munandar, S. Kom, dan Rossiana Ginting, S.Kom.  Kegiatan berlangsung di gedung ICT Unsyiah, Jumat (25/5/2018).

Qismullah Yusuf, fasilitator kegiatan menyebutkan bahwa acara pelatihan Webex ini terlaksana berkat kolaborasi dengan organisasi SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Ornanization). SEAMEO adalah organisasi antar pemerintah regional yang didirikan pada tahun 1965 di antara pemerintah negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan kerja sama regional dalam pendidikan, sains, dan budaya di wilayah tersebut. Kantor sekretariat SEAMEO berlokasi di Bangkok, Thailand.

Karena sang fasilitator mempunyai jaringan di SEAMEO dam organisasi tersebut beberapa kali menyelenggarakan kuliah umum  secara online melalui video konferensi, maka muncullah inisiatif untuk membuat suatu pelatihan bagi UTI di perguruan tinggi se-Aceh agar memahami cara menggunakan Webex.

Bagaimana dengan STKIP BBG? Achyar Munandar, S.Kom, Kepala UPT Teknologi Informasi menyatakan bahwa Webex sebenarnya bukan barang baru. Webex sudah pernah digunakan UTI STKIP BBG tahun 2016 karena perwakilan UTI kampus setempat  sudah beberapa kali mengikuti webinar (website seminar) dari Pubnub (perusahaan IT luar negeri) sehingga waktu pelatihan kemarin tidak begitu asing.

“Tinggal cara menjadi host (penyelenggara) yang belum kami ketahui,” ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa