UTI Luncurkan e-KTM, Mahasiswa UBBG Bisa Cetak Sendiri Kartu Tanda Mahasiswa

23 September 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS – UPT Teknologi Informasi (UTI) UBBG meluncurkan program baru e-KTM yang memudahkan mahasiswa agar bisa mencetak KTM sendiri. Hal ini sejalan dengan komitmen UTI untuk terus memberikan kemudahan bagi sivitas akademika UBBG.

“Mahasiswa juga tidak perlu khawatir bila suatu saat terjadi kehilangan KTM karena pada prinsipnya data mereka sudah tersimpan di portal OPENSIMKA. Jadi kalau hilang KTM, tinggal di-generate saja sendiri versi elektroniknya melalui OPENSIMKA dan nanti akan di-redirect ke laman ktm.bbg.ac.id“, pungkas Kepala UTI, Achyar Munandar S.Kom.

e-KTM dapat diakses melalui portal OPENSIMKA mahasiswa UBBG. Bagi mahasiswa angkatan 2020 dan angkatan sebelumnya, wajib mengunggah pas foto terlebih dahulu agar bisa diverifikasi oleh pihak akademik. Sedangkan bagi mahasiswa mulai angkatan 2021 dan seterusnya sudah bisa langsung mencetak e-KTM karena mereka telah mengunggah pas foto di laman camaba.bbg.ac.id ketika proses pendaftaran ulang mahasiswa baru.

Para mahasiswa sangat antusias menggunakan layanan e-KTM, terbukti baru beberapa saat program ini diluncurkan sudah ramai mahasiswa lama yang masuk dalam list verifikasi di pihak akademik. Begitu juga dengan mahasiswa baru yang sudah mendapatkan NIM, mereka turut gembira karena tidak perlu menunggu lama hingga berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan KTM. Apalagi di KTM versi elektronik sudah dilengkapi dengan QR Code jadi bisa dicek validitas keasliannya.

Perkembangan zaman yang begitu pesat harus menjadikan sebuah proses menjadi lebih elegan, fleksibel, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. UBBG selalu siap menghadapi tantangan dan perubahan tersebut.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa