Upacara Sumpah Pemuda di STKIP BBG: Jadilah Pemuda yang Baper

28 Oktober 2019 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—“Pemuda menjadi garda terdepan dalam memajukan bangsa,”ujar Miksalmina, M.Mat, saat menjadi pembina upacara peringatan Sumpah Pemuda  di kampus STKIP BBG, Senin (28/10/2019). Beliau menyatakan bahwa perjuangan pemuda akan membawa dampak yang besar terhadap bangsa Indonesia. Kemerdekaan bangsa Indonesia juga tidak lepas dari peran pemuda. Perjuangan pemuda terus berlanjut sampai sekarang. Hanya saja perjuangan zaman dulu menggunakan bamboo runcing sekarang menggunakan gadget. Begitu pun musuh yang dihadapi dulu ada penjajah yang terlihat tetapi sekarang musuhnya ada di dunia maya. Tentu saja pada era milenial ini musuh yang dihadapi jauh lebih sulit. Oleh karena itu, pada era digital ini gunakanlah gadget untuk hal yang lebih positif untuk membawa perubahan bagi kemajuan bangsa.

“Jadilah pemuda yang baper yakni pemuda yang bisa membawa perubahan bukanlah pemuda yang bawa perasaan,”pungkasnya. Miksal menambahkan bahwa ada tiga unsur literasi pada era milenial ini yakni literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Literasi data yakni literasi yang berhubungan dengan data baik proses pemgumpulan sampai analisis data. Literasi teknologi merupakan literasi yang berhubungan dengan segala aktivitas yang berhubungan dengan teknologi, dan literasi manusia adalah literasi yang berhubungan dengan proses komunisasi sosial antar individu maupun kelompok masyarakat. Ketiga literasi tersebut saling berkaitan dan harus menjadi kunci pemuda dalam melakukan perubahan, terutama pemuda-pemudi di kampus STKIP BBG.

Mengutip pernyataan Soekarno; Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Miksalmina menambahkan; berikan aku 1000 mahasiswa maka kita guncangkan kampus STKIP BBG ke arah yang lebih baik.

Upacara berlangsung dengan khidmat. Petugas upacara merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dengan pemimpin upacara yang ditunjuk adalah Ilan Alfarisi. Mereka mendapat binaan langsung dari Pak Munzil.

 

Laporan: Ainil Mardhiah & Juardi

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa