Universitas BBG Serahkan Donasi untuk Palestina Melalui ACT

18 Juni 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Unit Badan Agama Islam dan Karakter (U-BAIK) Universitas BBG menyerahkan  donasi kepada Palestina sebesar Rp. 10.000.000,- melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap) Aceh, Jumat (18/6/2021). Dana yang terkumpul tersebut hasil sumbangan civitas akademika kampus setempat. Kegiatan diawali  pembukaan dari Ustadz Mustafa, Kepala U-BAIK Universitas BBG. Beliau mengungkapkan bahwa dunia mempunyai tanggung jawab atas Masjid Al-Aqsa yang dilindungi mati-matian oleh warga Palestina, tidak hanya mereka, seluruh umat Islam memiliki tanggung jawab yang besar terhadap palestina. Bagi mereka yang membuat kekacauan dan kebiadaban di sana, berarti harus berhadapan atau berurusan dengan muslim seluruh dunia. Maka kita selaku kaum muslimin harus ikut berpartisipasi dalam pertanggung jawaban Palestina.

Sementara Ibnu Khaldum, perwakilan ACT Aceh  menyatakan mata pencaharian warga, hingga jalur sumbangan, sudah ditutup di tanah Palestina. Mereka tentunya sangat membutuhkan uluran tangan kita. Jika  bukan kita siapa yang akan membantu. Kita diharapkan harus peduli dengan saudara kita di sana.

Bidang pendidikan menjadi aset bangsa dalam hal mengambil informasi dengan tidak menyalahkan persepsi, namun mampu menyaring nya dengan baik. Terlebih informasi mengenai Palestina. Maka dari itu sangat besar harapan bagi para mahasiswa UBBG untuk dapat menggunakan dan menyaring informasi mengenai Palestina dengan sebaik-baiknya. Sehingga segala bentuk bantuan dari masyarakat Indonesia, khususnya Aceh dapat tersalurkan dengan baik.

Acara berlanjut dengan pemutaran video dokumentasi Palestina, Video tersebut berisikan tragedi, pemberian bantuan seperti fasilitas tempat tinggal, bantuan makanan, air, klinik (kesehatan), dan obat-obatan.
ACT juga menginformasikan bahwa Aceh menjadi donatur perdana dalam pembangunan sumur waqaf yg bernama sumur waqaf ureung Aceh. ACT telah bergerak dalam hal menyalurkan bantuan berupa fasilitas, makanan, bantuan medis, dan lainnya.

“Terima kasih kepada Universitas BBG yang telah memberikan sumbangan dalam rangka membantu meringankan beban dan penderitaan saudara kita di Palestina, hanya Allah swt. yang membalas kebaikan bapak/ibu, ” ujarnya.

Laporan: Intan Makfirah, M. Reza & Pipit Daswati

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa