UBBG Teken Kerja Sama dengan PT Xtend Integrasi Indonesia, Akan Magangkan Mahasiswa di Luar Negeri

5 Juni 2024 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Untuk meningkatkan mutu, UBBG terus menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga baik nasional maupun internasional. Kali ini, Rektor UBBG melalui Ketua Program Studi Ilmu Komputer Mukhroji, M.T. menandatangani Notes of Understanding dengan CEO PT. Xtend Integrasi Indonesia, Alfian Linux di Medan, Sumatera Utara (5/06/2024). Melalui kerjasama ini, UBBG berpeluang memagangkan mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer UBBG di perusahaan Xtend Group yang ada di Indonesia, Malaysia, dan China.

Ketua Prodi Ilmu Komputer Mukhroji, M.T. menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu upaya UBBG dalam mewujudkan visinya untuk menjadi universitas unggul, mandiri dan religius dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan menjunjung tinggi nilai budaya di kawasan Asia Tenggara tahun 2035.

“Melalui kerjasama ini, kita akan mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan Program Magang Mahasiswa selama 3 bulan di PT. Xtend Integrasi Indonesia, ” ujarnya.

Sementara itu, Alfian menyatakan bahwa selama ini perusahaannya telah banyak menerima kegiatan magang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Panca Budi, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Sumatera Utara, Politeknik LP3I Medan, Politeknik Aceh Selatan serta beberapa Sekolah menengah kejuruan dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Untuk menyiapkan mahasiswa magang ini, katanya, Program Studi Ilmu Komputer UBBG terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap mahasiswa yang akan di tempatkan di PT.Xtend Indonesia serta memberikan pembekalan ke mahasiswa tersebut. Pembekalan ini mensosialisasikan Pedomanan Magang, Butir-butir kerjasama yang sudah disepakati dan memberikan aturan yang berlaku di perusahaan.

Saat penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan oleh Sekretaris Program Studi Ilmu Komputer Khairuman, S.Kom, M.Kom. Saat ini Program Studi Ilmu Komputer UBBG memang sedang fokus menjalin kerja sama dengan dunia industri yang salah satunya adalah melalui kerja sama-kerja sama yang bersifat internasional. PT. Extend Integrasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (IT) yang berkedudukan di Indonesia, Malaysia, China, dan Srilangka.

Secara terpisah Rektor UBBG Dr. Hj. Lili Kasmini, S.Si., M.Si. menyambut baik kerja sama ini. Beliau menambahkan bahwa UBBG terus mengembangkan berbagai program internasional. Bahkan baru-baru UBBG mengikuti beberapa festival dan turnamen internasional hingga meraih juara. Kerja sama ini sesuai dengan visi misi UBBG sebagai perguruan tinggi yang berdaya saing di kancah Asia Tenggara bahkan dunia.

“Terima kasih kepada Ketua Prodi Ilmu Komputer yang telah memprakarsai kegiatan ini. Semoga melalui kerja sama ini akan banyak program-program internasional yang sangat berdampak terhadap studi mahasiswa, khususnya Ilmu Komputer, ” tuturnya.

Bagikan
Skip to content