UBBG Menjadi Tuan Rumah International Doctoral Roundtable: Kolaborasi Global di Dunia Pendidikan

20 Desember 2023 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–UBBG  menjadi tuan rumah kegiatan International Doctoral Roundtable. Acara  yang menarik perhatian para dosen doktor dan pemikir terkemuka dari berbagai penjuru dunia ini berlangsung di ruang senat kampus setempat, 18-19 Desember 2023. Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam mempromosikan kolaborasi global di bidang pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

Para dosen UBBG berpartisipasi dengan sejumlah pembicara terkemuka yakni Assoc Prof. Dr. Rita Novita, M.Pd. dari Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia, Assoc Prof. Adrian Rodger dari Ohio State University, Amerika Serikat, Maroning Useng dari Fatoni University, Thailand, Prof Madya. Dr. Roslinda Rosli dari Universitas Kebangsaan Malaysia, Malaysia, Satoshi Kusaka, ph.D dari Naruto University of Education, Jepang, dan Prof. Dr. Maria Hercz, ph.D dari Eotvos Lorand University, Hungaria.

Rektor UBBG Assoc. Dr. Hj. Lili Kasmini, S.Si., M.Si dalam sambutannya, mengungkapkan kebanggaannya menjadi tuan rumah acara yang dihadiri oleh akademisi papan atas ini. “UBBG dengan bangga menjadi pusat pertemuan untuk mendiskusikan secara mendalam dan menggagas pemikiran inovatif di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian,” ujar sang rektor.

Peserta tidak hanya mempresentasikan penelitian terkini mereka, tetapi juga membahas potensi kerja sama lintas batas dalam bentuk pengajaran bersama, kolaborasi penelitian, dan program pertukaran pelajar. Diskusi yang terfokus pada tantangan global di dunia pendidikan tinggi membuka jalan bagi terbentuknya inovasi dan solusi bersama.

Assoc Prof. Adrian Rodgers dari Ohio State University, Amerika Serikat, menyampaikan apresiasinya terhadap atmosfer kolaboratif yang diciptakan oleh UBBG. “Harapan saya adalah kita dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, terutama pembelajaran bersama lintas benua yang berkelanjutan dalam mewujudkan international team teaching, international joint research, dan international community services,” ungkapnya.

“Saya berharap International Doctoral Roundtable menjadi platform kolaborasi internasional yang memajukan pengetahuan dan inovasi. Semoga pertemuan ilmiah ini memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman, memperluas jaringan akademis, serta mendorong penelitian doktoral yang berkualitas. Keberhasilan acara ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sumber daya manusia unggul di tingkat global” ujar Assoc. Prof. Dr. Rita Novita, M.Pd yang merupakan ahli pendidikan matematika dari Universitas Bina Bangsa Getsempena, di akhir pertemuan ilmiah tersebut.

Acara ini juga memberikan peluang bagi mahasiswa dan staf UBBG untuk terlibat langsung dengan pemikir-pemikir global, membuktikan bahwa universitas ini bukan hanya tempat pembelajaran, tetapi juga pusat keberagaman intelektual yang mendorong kemajuan dunia pengetahuan. International Doctoral Roundtable di UBBG mengukuhkan peran universitas sebagai pemain utama dalam merumuskan masa depan pendidikan tinggi yang lebih kolaboratif dan berdampak global.

Bagikan
Skip to content