UBBG Adakan Visiting Lecturer yang Bertema Merdeka Belajar Berbasis Mutu

24 November 2021 | BBG News

PDF version

UBBG Adakan Visiting Lecturer yang Bertema Merdeka Belajar Berbasis Mutu

UBBG mengadakan kegiatan Visiting Lecturer dengan menghadirkan dosen tamu dari Universitas Negeri Padang yakni Dr. Dadan Suryana (Koordinator Prodi Magister PAUD UNP). Kegiatan yang bertema
“Merdeka Belajar Berbasis Mutu” berlangsung di aula mini kampus setempat, Selasa (24/11/21).

Kegiatan dibuka oleh Rektor UBBG Dr. Lili Kasmini, S. Si., M. Si. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa UBBG merupakan perguruan tinggi yang sudah menjalankan program MBKM dengan baik. Sasaran program ini lebih fokus pada pengembangan diri mahasiswa di antaranya program kampus mengajar dan pertukaran mahasiswa. Alhamdulillah mahasiswa sangat antusias mengikuti kedua program MBKM ini. Banyak mahasiswa UBBG yang ditempatkan di kampus ternama di pulau Jawa pada program pertukaran mahasiswa merdeka . BBG ingin terus berbenah untuk meningkatkan mutu. Salah satunya adalah dengan mengembangkan program MBKM. Oleh karena itu, UBBG sangat membutuhkan bantuan dan masukan dari para pakar untuk mahasiswa, terutama berkaitan dengan masalah pemilihan tempat lokasi yang cocok dan sesuai untuk pelaksanaan program MBKM.

Dr. Dadan Suryana, dalam materinya
menyatakan bahwa program Kemdikbud saat ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar. Merdeka belajar merupakan pilihan yang tidak diwajibkan namun dianjurkan. Maka dari itu dibentuklah kurikulum baru yang memiliki berbagai mata kuliah diluar jurusan para mahasiswa dan mahasiswa bebas memilihnya. Tidak hanya dalam mata kuliah, para mahasiswa juga dipersilakan melakukan proyek kemanusiaan, wirausaha, membangun desa dengan program KKN, bahkan sampai pertukaran mahasiswa.
Semua itu dapat dipilih dan dilakukan para mahasiswa sesuai minat mereka sendiri. Kegiatan dipandu oleh Dekan FKIP UBBG Dr. Musdiani, M.Pd.

Fitriah Hayati, M. Ed., Ketua Prodi PG PAUD UBBG menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Prodi PG-PAUD UBBG dan PAUD UNP.
“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini hingga sukses, terutama kepada unsur pimpinan kampus UBBG. Prodi PG-PAUD akan terus mengupayakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan tinggi dan juga kegiatan yang berdampak baik bagi pengembangan pendidikan khususnya pendidikan di Aceh, “ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa