Tips Menulis Jurnal dengan Mudah Ala Prof. Dr. Abdul Adam

10 Mei 2017 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—“Tulislah apa yang sedang dipikirkan dan jangan jadikan beban saat menulis,”pungkas Prof. Dr. Abdul Adam (Guru Besar Universitas Malaysia Pahang) saat memberi pelatihan dan  workshop Penulisan dan Publikasi Jurnal Internasional bagi bagi dosen STKIP BBG. Kegiatan berlangsung di aula kampus setempat, Rabu (10/5).

Menurut beliau kita harus menulis atau menuangkan ide dari apa yang dipikirkan tetapi jangan berpikir apa yang hendak ditulis. Bahasa bisa direvisi usai menulis. Kedua, cari referensi yang terbaru dan berkaitan dengan topik yang diangkat pada jurnal sehingga jurnal kita akan berkualitas. Ketiga, keseluruhan artikel riset harus objektif. Terakhir, jangan menulis jurnal ketika menjelang deadline karena membuat seseorang amburadul dalam menulis sehingga jurnal menjadi tidak berkualitas.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si berharap melalui kegiatan ini, dosen dapat termotivasi dan giat menulis jurnal. “ Dengan banyaknya dosen menulis jurnal tentu memberi dampak yang positif. Selain   menguntungkan bagi dosen sendiri yakni untuk usulan kenaikan pangkat dan jabatan,  penulisan jurnal bisa meningkatkan mutu lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat yang tentu saja berpengaruh terhadap akreditasi institusi kampus,”ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa