Tingkatkan Minat Baca Anak Melalui Taman Baca

29 April 2019 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Suasana Blang Padang Banda Aceh, Minggu (28/4/2019) ramai seperti biasanya. Lokasi tersebut memang menjadi tempat favorit warga kota Banda Aceh, terutama pada hari libur. Berbagai rutinitas untuk mengisi hari libur di sana. Ada yang melakukan senam pagi, jalan santai, melukis, sarapan, atau sekedar jalan-jalan sambil berswafoto.

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP BBG tidak ketinggalan mengisi aktivitas yang bermanfaat di Blang Padang. Mereka membuka lapak Taman Baca di sudut lapangan Blang Padang. Hanya bentangan dua lembar tikar, aneka buku disediakan di sana mulai dari buku cerita anak sampai buku pengetahuan. Setiap pengunjung boleh memilih buku yang ingin dibaca. Ini merupakan suatu ide yang sangat kreatif.

Zaki Al Fuad, M.Pd., Ketua Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP BBG menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada anak. Melihat kurangnya wadah yang menyediakan bahan bacaan di tempat terbuka seperti Blang Padang sehingga timbullah ide kreatif ini. Kegiatan ini juga bagian kegiatan mengembangkan dan membudayakan program literasi.

“Kegiatan ini dimulai sejak 14 April 2019. Taman Baca ini akan berlangsung setiap hari Minggu sejak pukul 07.00-11.00 WIB,”pungkasnya.

Laporan: Shadilla Rusali dan Rizka Nazira

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa