Mahasiswa UBBG Lolos Seleksi dan Wakili Aceh ke Tingkat Nasional pada NUDC 2021

27 Juni 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Prestasi tiada henti diukir oleh putra-putri terbaik UBBG. Kali ini kabar gembira datang dari UKM Insiders. Dua mahasiswa terbaik Insiders yakni Lusy Sulita dan Hairil, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UBBG lolos seleksi NUDC 2021 tingkat Nasional. Hal tersebut berdasarkan surat keputusan dari Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud, Sabtu (26/6/2021). Prestasi yang diraih ini tidak lepas dari peran dan bimbingan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Sri Wahyuni, M.Pd., dan Pelatih Debat Mulyadi Syahputra, M.Pd.

Mulyadi Syahputra, M.Pd selaku pelatih debat sekaligus pembimbing pada seleksi tersebut menyatakan bahwa prestasi ini tidak lepas dari proses latihan rutin yang tekun dijalani oleh tim peserta. Proses latihan intensif setiap hari sudah dilaksanakan selama dua bulan. Peserta NUDC dibantu oleh anggota tim Insiders yang lain juga pak. Hal yang diseleksi pada lomba adalah (1) kedalaman materi (matter), (2) gaya berbicara, (3) dan strategi untuk memenangkan debat.

“Proses tahapan seleksi selanjutnya nanti akan berlangsung via daring. Tim akan dipertemukan 112 kampus di Indonesia, ” pungkasnya.

Sri Wahyuni, M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UBBG yang turut mengapresiasi mahasiswa asuhannya yang berhasil lolos ke tingkat nasional. Tidak lupa beliau menyampaikan terima kasih Pak Mulyadi, sang pelatih yang telah membina dengan baik. Beliau seorang yang sangat berpengalaman. Banyak trik dan strategi jitu beliau di bidang kompetisi NUDC.

“Alhamdulillah peserta dari kampus UBBG telah menjalani proses seleksi kompetisi dengan baik. Kita doakan bersama semoga tim meraih prestasi di tingkat nasional. Mohon dukungan dari civitas akademika UBBG, ” ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas BBG Dr. Lili Kasmini, S. Si., M. Si. menyampaikan selamat kepada tim debat NUDC UBBG yang lolos ke tingkat nasional. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tim debat BBG selalu meraih juara NUDC tingkat provinsi Aceh saban tahun dan juga menjadi PTS Aceh yang tidak pernah absen lolos seleksi ke tingkat nasional. Ini merupakan capaian yang sangat luar biasa yang diraih oleh mahasiswa UBBG. Melaju ke tingkat nasional bukanlah hal yang mudah. Semua tentu karena mendapat bimbingan yang baik dari dosen dan pelatih.

“Terima kasih kepada kepada dosen pembimbing dan pelatih yang tidak kenal lelah dalam membina mahasiswa. Bahkan libur akhir pekan pun digunakan untuk latihan. Terima kasih juga kepada mahasiswa yang telah berjuang dengan gigih. Harapannya tim dapat berkompetisi dengan baik pada tahap selanjutnya dan meraih prestasi tingkat nasional, “ujarnya. Sementara itu, di tingkat LL Dikti Wilayah XIII Aceh, tim debat UBBG berhasil meraih Juara III pada ajang NUDC.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa