Televisi Pintar Ala Dosen PAUD STKIP BBG

21 November 2017 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Tiba-tiba kertas dalam kotak berukuran 15 inci tersebut bergerak turun, menampilkan cerita dan gambar selanjutnya. Beberapa peserta tampak tersenyum memperhatikan gambar dalam “kotak ajaib” tersebut. Itulah sedikit gambaran menarik saat Pelatihan Pola Mengasuh Anak Melalui Media Berbasis Karakter. Kegiatan berlangsung di TK Al Fath Presschool Banda Aceh, Sabtu (18/11). Kotak yang terbuat dari kardus bekas yang dihias dengan berbagai macam pernak-pernik dinamakan televisi pintar. Mengapa demikian? karena dalam “kotak ajaib” tersebut berisi aneka cerita motivasi yang bisa menyedot perhatian anak.

“Ini merupakan salah satu model pembelajaran yang menarik bagi anak AUD. Perlu kita ketahui bahwa ketika kita bercerita harus disertai dengan media supaya anak-anak tidak membayangkan hal-hal lain. Bercerita dengan media ini juga bermanfaat bagi karakter anak,”ujar Riza Oktariana (Pemateri sekaligus Dosen PAUD STKIP BBG). Beliau menyatakan bahwa media tersebut pernah meraih Juara II Lomba Permainan Edukatif Dinas Pendidikan Aceh tahun 2014.

Siti Hartianti, A.Md. Kepala Sekolah TK Al Fath menyambut baik pelatihan ini. “Semoga dengan kegiatan ini bisa mengasah ide para guru supaya lebih kreatif dalam menciptakan model pembelajaran,”ujarnya. Dua pemateri lainnya yakni Hendra Kasmi, M.Pd memaparkan tentang Bahasa Karakter Anak dan Rika Kustina, M.Pd. memaparkan tentang Pola Mendidik Anak dengan Model Bercerita.

 

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa