STKIP BBG Buka Beasiswa Tahfidz, On Going, dan Unggulan

17 Juli 2019 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Setelah sebelumnya sukses membuka beasiswa untuk youtuber, lagi-lagi kampus STKIP BBG membuka Beasiswa Tahfizd, Beasiswa On Going, dan Beasiswa Unggulan. Para penerima beasiswa diperuntukkan untuk lulusan SMA/MA/SMK. Penerima beasiswa tidak hanya dibatasi di ruang lingkup Provinsi Aceh, tetapi juga untuk lulusan sekolah di seluruh Indonesia. Nantinya, para pelamar juga akan melewati seleksi.

Pembantu Ketua III Regina Rahmi, M.Pd., menyatakan bahwa penerima beasiswa akan melewati tahap seleksi. Seleksi beasiswa unggulan reguler untuk tes tulis dan tes wawancara akan berlangsung pada 21 Juli 2019 Pukul 09.00-11.00 WIB sedangkan tes wawancara akan berlangsung pukul 12.00-17.00 WIB. Untuk beasiswa unggulan via online tes tulis juga berlangsung pada waktu yang sama, sementara itu, sesi wawancara bagi yang telah mengikuti tes secara online akan dilakukan melalui skipy. Beasiswa unggulan ini diperuntukkan untuk lulusan SMA sederajat tahun 2018 dan tahun 2019. Namun, beasiswa ini akan diprioritaskan untuk lulusan tahun 2019. Sementara itu, seleksi beasiswa tahfizd diperuntukkan untuk lulusan SMA sederajat tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019 yang jadwal tesnya akan berlangsung pada tanggal 29 Juli 2019. Seleksi beasiswa youtuber akan berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2019.

Regina Rahmi menambahkan bahwa beasiswa tahfizd merupakan suatu terobosan baru bagi kampus untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam bidang keagamaan. Hal ini sungguh sesuai dengan program syariah Islam yang digalakkan pemerintah Aceh untuk masyarakat, semua lembaga pemerintahan dan swasta. Selain itu, program beasiswa ini juga selaras dengan visi misi kampus yang unggul, mandiri, dan religius. Beasiswa on going merupakan beasiswa yayasan yang diperuntukkan untuk mahasiswa berprestasi, namun beasiswa tersebut akan diberikan ketika mahasiswa sudah menjalani proses perkuliahan dan mampu menunjukkan prestasinya saat perkuliahan. Jadi untuk semester pertama mereka harus membayar SPP dengan dana pribadi.

“Sementara itu, untuk program beasiswa unggulan merupakan beasiswa pemerintah untuk mahasiswa kurang mampu tetapi berprestasi. Alhamdulillah untuk tahun ini kita mendapat banyak kuota beasiswa” pungkasnya. Syarat penerima beasiswa unggulan yakni menyertakan berkas ijazah/SKHU, fotocopy akte kelahiran, fotocopy KK, fotocopy KTP, fotocopy KTP orang tua jika masih ada (wali), fotocopy raport kelas X s/d XII, fotocopy listrik tiga bulan terakhir, fotocopy Kartu Indonesia Pintar/Surat Keterangan pengganti KIP dari Dinas Sosial, Surat Keterangan Kurang Mampu, Surat Keterangan Belum Bekerja & Belum Menikah, foto rumah (depan, samping, belakang), pas photo ukuran 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing empat lembar.

Sementara itu, Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. berharap melalui beasiswa akan melahirkan generasi unggul yang mampu mengharumkan nama Aceh dan juga kampus tercinta dengan prestasi yang mereka ukir baik tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Kita harapkan nantinya juga melalui beasiswa ini akan menghasilkan lulusan yang bermutu dan mampu mendedikasikan dirinya untuk masyarakat, agama, bangsa, dan negara.

“Ini merupakan program yang sangat baik untuk membantu putra-putri terbaik Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam menempuh pendidikan tinggi. Kita harapkan program ini akan terus berjalan dan akan mampu menginspirasi PTS lain. Tentu saja ini tidak lepas dari ide-ide brilian dosen-dosen kampus STKIP BBG yang sangat profesional, terima kasih untuk Ibu Regina Rahmi dan kawan-kawan,”pungkasnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa