STKIP BBG Adakan Latihan Instruksional Bagi Dosen Muda

15 Maret 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—”Alhamdulillah dengan sering kita adakan kegiatan peningkatan mutu STKIP BBG meraih akreditasi B. Hal ini tidak terlepas dari seringnya kita adakan kegiatan yang bisa menjaga budaya dan meningkatkan mutu kampus seperti latihan instruksional ini,”ujar Fitriati, M.Ed., Ketua BJM STKIP BBG saat memberi materi pada kegiatan Latihan Instruksional Mengajar Dosen Muda.

Kegiatan berlangsung di kampus setempat, 14-15 Maret 2018. Ketua Panitia Lina Amelia, M.Pd. menyatakan bahwa selain diikuti dosen muda, kegiatan ini juga melibatkan dosen senior supaya menjadi model bagi dosen pemula. Beliau menyampaikan terima kasih kepada Ketua STKIP BBG yang telah memfasilitasi kegiatan ini dalam peningkatan mutu pembelajaran perkuliahan. Ada enam instrumen penilaian yakni kemampuan membuka pelajaran, sikap praktikan dalam pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, evaluasi, dan kemampuan menutup pelajaran.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. menyatakan bahwa kegiatan tersebut sebenarnya kegiatan tersebut  tidak ada dalam program kerja namun mengingat dosen muda banyak yang mengajar pada semester ini maka latihan ini penting untuk dilaksanakan. “Seiring perkembangan zaman, dosen juga dituntut  untuk mengembangkan  pembelajaran supaya menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing,”ujarnya.

Sementara itu, Rita Novita, M.Pd., pemateri pertama menyatakan bahwa dari segi akademik, dosen muda sudah berkompeten sebagai dosen karena telah melewati tahap seleksi namun keterampilan mengajar harus tetap diasah. Maka latihan instruksional ini penting dilaksanakan. Sementara itu, Aprian Subhananto, M.Pd., pemateri lainnya menyatakan bahwa penelitian merupakan kewajiban dosen karena bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

Ada 29 dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Selain  STKIP BBG, ada juga dosen dari kampus STIKes Bina Nusantara Idi dan Rayeuk dan STIKes Getsempena Lhok Sukon yang dilibatkan. Tim penilai pada latihan instruksional mengajar dosen yakni Lina Amelia, M.Pd., Rita Novita, M.Pd., dan Istifa Kemal, M.Pd.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa