Skill yang Dibutuhkan Sebelum Masuk Dunia Kerja

4 Juli 2017 | BBG News

PDF version

JAKARTA – Sebelum lulus dari perguruan tinggi, kamu perlu mengasah kemampuan-kemampuan yang umumnya selalu dipakai di setiap perusahaan dan di setiap profesi apapun.

Pasalnya, ketika memasuki dunia kerja nanti kamu memerlukan skill tersebut untuk berinteraksi dengan sesama rekan kerja, atasan, bahkan klien. Apa saja sih kemampuan yang perlu diasah? Berikut uraiannya seperti dilansir dari Her Campus.

Komunikasi

Kemampuan dasar yang pertama adalah komunikasi. Mengapa? Pasalnya kemampuan inilah yang paling sering digunakan untuk berinteraksi dengan rekan kerja, klien, hingga atasan. Memiliki kemampuan berkomunikasi misalnya menjaga komunikasi yang aktif bersama sesama rekan kerja, cara membalas e-mail, membangun hubungan antar individu, dan memiliki kepercayaan diri untuk bertanya.

Kerja Tim

Kemampuan yang kedua adalah kerja tim. Ini sangat penting. Pasalnya, di dunia kerja nanti kamu tidak bekerja secara individual, tetapi secara kerja tim. Pada kemampuan ini lah kamu melatih menekankan ego pribadi menjadi ego tim untuk meningkatkan angka statistik perusahaan.

Analisa dan Pemecahan Masalah

Kecerdasan menganalisa dibutuhkan di tempat kerja. Pasalnya, setiap karyawan dituntut untuk memikirkan cara kreatif dalam memecahkan masalah. Caranya, berpikirlah pada solusi daripada masalah. Memikirkan masalah tidak ada habisnya, jadi fokuslah memikirkan solusi. Berpikiran terbuka juga menjadi salah satu tips untuk mengasah kemampuan ini.

Kepemimpinan

Meskipun posisimu tidak berada di pucuk tertinggi, memiliki kemampuan ini membuat kamu bisa mengatur diri dan memanajemen waktu kamu. Kepemimpinan bukan berarti kamu harus memimpin dan mengatur orang lain. Tetapi, melalui kepemimpinan ini kamu melatih diri untuk mengontrol diri dan bersikap bijak.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2017/07/03/65/1727400/skill-yang-dibutuhkan-sebelum-masuk-dunia-kerja-1

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa