Shinta Zahra, Mahasiswa Matematika yang Hobi Bernyanyi

17 Juni 2020 | BBG News

PDF version

(Dimuat di Serambi Indonesia, Edisi Minggu 14 Juni 2020)

Siapa bilang mahasiswa yang kuliah di Matematika hanya terampil dalam hal hitung-hitungan? Ini merupakan suatu anggapan yang keliru. Banyak orang yang bergelut dengan ilmu eksak tetapi juga terampil di bidang lain. Shinta Zahra, salah satunya. Mahasiswa yang sedang kuliah di Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena ini juga pintar bernyanyi. Ia mencintai Matematika dan seni sejak duduk di bangku SMA dengan mengikuti lomba berbagai ajang lomba. Zahra pernah menjadi Finalis Lomba Hitung Cepat tahun 2018 dan Finalis FLS2N Vokal Solo tahun 2019.

Ketika tamat sekolah, Zahra memilih kuliah di Jurusan Pendidikan Matematika STKIP BBG karena ia memang sangat tertarik pada pelajaran tersebut sejak SMA. “Saya memilih untuk melanjutkan pendidikan di bidang ini untuk memperdalam lagi ilmu saya mengenai Matematika, terutamanya saya juga ingin tampil beda dengan kebanyakan kawan yang alergi dengan pelajaran yang satu ini, “pungkas gadis kelahiran Kota Juang, Bireuen ini. Zahra menambahkan bahwa apa yang kebanyakan orang takutkan ternyata tidak terbukti. Malah belajar Matematika itu sangat menyenangkan. Banyak permainan, benda, dan lingkungan sekitar yang bisa kita kaitkan dengan ilmu ini.

Zahra kian menyukai bidang ilmu yang satu ini hingga ia pun memilih bergabung dengan Unit Kreativitas Mahasiswa Bina Olimpiade Matematika (UKM BOM) Plus. Zahra mengaku memilih UKM tersebut karena ingin memperdalam ilmu Matematika. UKM ini membuatnya lebih semangat untuk belajar ilmu hitung.

Ketika ditanya apakah sekarang masih eksis di bidang tarik suara atau hanya fokus pada bidang Matematika, sembari tersenyum Zahra menyatakan akan tetap berkreasi dalam bidang seni. “Saya tidak bisa memisahkan hobi saya sehari hari dengan pendidikan. Saya mau mencoba banyak hal yang baru. Itu membuat saya lebih percaya diri dengan bakat yang saya miliki. Maka dari itu kedua hal tersebut akan terus saya lanjutkan dan sebaik mungkin mengatur waktu.

Zahra tetap ingin mengikuti berbagai ajang perlombaan baik bidang Matematika maupun seni, “Dengan usaha yang saya lakukan sebaik mungkin dan akan selalu percaya tak akan ada hal mustahil jika kita bersungguh-sungguh. Hal yang lebih penting adalah berdoa kepada Allah swt. agar dipermudah segala urusan, Jangan patah semangat. Tetap bersyukur dari apa yang kita terima. Tetap melangkah untuk menggapai impian”pungkasnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa