Sebanyak 80 Mahasiswa BBG Ikut Perlombaan Olahraga Tradisional

29 Oktober 2015 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS — Sebanyak 80 mahasiswa STKIP BBG ikut ambil bagian dalam perlombaan Olahraga Tradisional Perguruan Tinggi se-Aceh. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh bekerja sama dengan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) dan Universitas Syiah Kuala. Acara berlangsung di Lapangan Tugu Unsyiah, Darusalam, Banda Aceh sejak 29-31 Oktober 2015. Ada 10 cabang olahraga yang diperlombakan yakni spider web, angkat beban, jalan bakiak, jembatan goyang, horizontal wep, mengangkat batang pisang, jalan merayap, mengangkat beban dari goni, dan full up.

Kepala Dispora Aceh yang diwakili Herman Chaniago berharap melalui acara ini mahasiswa bisa menyalurkan bakat dan minat khususnya di bidang olahraga tradisional. Selain itu, mahasiswa dapat melestarikan budaya tradisional yang nyaris punah.

Acara dibuka oleh Pembantu Rektor III Unsyiah Dr. Alfiansyah Yulianur BC. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa acara ini perdana dilaksanakan dalam ranah perguruan tinggi Aceh. “Hal ini bisa memotivasi perguruan tinggi di daerah lain supaya giat mempromosikan olahraga tradisional sebagai bagian dari cagar budaya,” ujarnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa