SAMBA 2019: Ini Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki di Era Pendidikan 4.0

10 September 2019 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–“Kecerdasan buatan, kendaraan otonom, dan internet saling mempengaruhi kehidupan manusia. Robot dan kecerdasan buatan mulai gantikan manusia. Kita harus siap dengan semua ini,” ujar Siti Nurzalika (Dosen UIN Ar Raniry). Hal tersebut beliau sampaikan saat menjadi pemateri kuliah umum Penyambutan Mahasiswa Baru STKIP BBG, di aula kampus setempat, Senin (9/9/2019).

Dengan mengangkat topik “Pendidikan Revolusi Industri di Era Pendidikan 4.0”, beliau menyatakan bahwa dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia pada abad 21 ini ada empat kompetensi yang harus dimiliki yakni teknologi, komputasi, kreativitas, dan inovasi.

Renaidi, S.E., Pemateri lainnya dari BNN  mengangkat topik tentang Indonesia Darurat Narkoba. Lelaki yang menjabat sebagai Kepala BNN Aceh Tamiang menyatakan bahwa mahasiswa harus waspada terhadap narkoba yang semakin mewabah di Indonesia. Ratusan ton per tahun narkotika masuk ke Indonesia.72 bandar besar pasok 30 ton sabu setiap tahun ke Indonesia.

Di Indonesia,  ada tiga kategori pelaku penyalahgunaan narkoba yakni penganggur/orang tidak bekerja, pelajar/mahasiswa, pekerja swasta. “Kita harus sama-sama memberantas penyakit masyarakat ini dimulai dari diri sendiri,”tutupnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa