Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh

9 Agustus 2022 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Rektor UBBG melepas Mahasiswa yang akan menjalani Program Asistensi Mengajar Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Kegiatan berlangsung di halaman kampus setempat, Senin (8/8/2022).

Zaki Al Fuad, M.Pd., Koordinator Asistensi Mengajar UBBG menyatakan bahwa jumlah mahasiswa yang akan menjalani praktik mengajar tahun ini berjumlah 325 orang. Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Regulasi tahun ini mahasiswa Asistensi Mengajar akan ditempatkan di sekolah daerah masing-masing.

“Selamat berjuang para calon guru muda. Akan banyak tantangan yang dihadapi untuk berkolaborasi. Semoga tantangan ini akan membuat kalian menjadi lebih tangguh, kritis, dan profesional saat menjadi guru kelak, ” ujarnya.

Dekan FKIP Dr. Mardhatillah, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan bahwa Asistensi Mengajar ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggali pengalaman belajar di sekolah. Ini adalah perkuliahan sesungguhnya. Kalian akan melihat dengan nyata kondisi pembelajaran dan lingkungan sekolah sehingga akan menambah bekal dan pengalaman saat menjadi guru sesungguhnya nanti.

“Teruslah belajar. Harapannya mahasiswa Asistensi Mengajar UBBG bisa menjadi role model menjadi seorang pendidik profesional. Tanamkan dalam hati keikhlasan dan totalitas untuk mendidik. Kalau ikhlas dan tulus berbuat semua akan terasa ringan, ” ujarnya. Mardhatillah juga berpesan kepada mahasiswa agar betul-betul menjaga nama baik kampus tercinta saat berada di lingkungan sekolah.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama UBBG Dr. Musdiani, M.Pd., dalam sambutannya menyatakan bahwa pengabdian sebagai pendidik adalah sebuah esensi yang menjadi sebuah kegiatan akhir dan wajib dijalankan oleh mahasiswa semester akhir. “Insya Allah jika tidak aral melintang kegiatan Asistensi Mengajar di sekolah akan segera dimulai di bulan Agustus ini. Mohon kepada adik-adik mahasiswa agar mempersiapkan diri dengan baik belajar dan disiplin, ” ujarnya.

Sebenarnya sulit melepaskan tetapi ini adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Selamat menjalani program Asistensi Mengajar. Semoga akan banyak pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang didapat di lingkungan sekolah.

Senada dengan Dr. Musdiani, M.Pd., Rektor UBBG Dr. Lili Kasmini, S.Si., M.Si., dalam sambutannya juga menyatakan berat melepas mahasiswa Asistensi Mengajar ini. Ada keharuan yang melekat namun tugas dan kewajiban ini lebih penting dan berharga untuk keberlangsungan dunia pendidikan.

Beliau juga berharap kepada mahasiswa agar saat kembali nanti segera menyelesaikan perkuliahannya lalu melanjutkan jenjang pendidikan S2. Apalagi di UBBG sekarang sudah mempunyai dua Prodi S2 yakni S2 Penjaminan Mutu Pendidikan dan S2 Pendidikan Dasar. Ini bisa menjadi pilihan adik-adik mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan karena mahasiswa UBBG harus mempunyai mimpi dan pendidikan tinggi.

“Ini sebagai wujud dedikasi dan pengabdian kalian di daerah masing-masing. Berilah yang terbaik untuk kampung halaman tercinta dan jaga selalu nama baik almamater UBBG dan kalian akan ikon UBBG di sana” tutupnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa

 BBG  NEWS M. Naumi, Atlet UBBG Raih Juara I Kejuaraan Menembak Nasional Haornas Tahun 2022 BBG  NEWS Teuku Yulianda, Atlet UBBG yang Raih Medali Perak pada Kejurnas Angkat Besi di Jakarta BBG  NEWS 78 Peserta PPG Prajab Gelombang I UBBG Ikut Orientasi BBG  NEWS 274 Lulusan FSTIK UBBG Diyudisium BBG  NEWS Mahasiswa UBBG Raih Juara I Aceh Business Competition HIPMI Aceh Tahun 2022 BBG  NEWS Dua Mahasiswa Penjas UBBG Raih Emas Pada Kejuaraan Nasional Karate Wadokai di Jakarta BBG  NEWS Atlet Panahan UBBG Raih Satu Emas dan empat Perak Pada Kejuaraan Kotaradja Archery Championship ll BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Peserta Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional BBG  NEWS UBBG Adakan Kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Pelaksanaan UKMPPG Daljab I Tahun 2022 BBG  NEWS Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia UBBG Raih Juara III Penulisan Cerpen Peksimida XV Provinsi Aceh BBG  NEWS M. Naumi, Atlet UBBG Raih Juara I Kejuaraan Menembak Nasional Haornas Tahun 2022 BBG  NEWS Teuku Yulianda, Atlet UBBG yang Raih Medali Perak pada Kejurnas Angkat Besi di Jakarta BBG  NEWS 78 Peserta PPG Prajab Gelombang I UBBG Ikut Orientasi BBG  NEWS 274 Lulusan FSTIK UBBG Diyudisium BBG  NEWS Mahasiswa UBBG Raih Juara I Aceh Business Competition HIPMI Aceh Tahun 2022 BBG  NEWS Dua Mahasiswa Penjas UBBG Raih Emas Pada Kejuaraan Nasional Karate Wadokai di Jakarta BBG  NEWS Atlet Panahan UBBG Raih Satu Emas dan empat Perak Pada Kejuaraan Kotaradja Archery Championship ll BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Peserta Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional BBG  NEWS UBBG Adakan Kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Pelaksanaan UKMPPG Daljab I Tahun 2022 BBG  NEWS Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia UBBG Raih Juara III Penulisan Cerpen Peksimida XV Provinsi Aceh BBG  NEWS M. Naumi, Atlet UBBG Raih Juara I Kejuaraan Menembak Nasional Haornas Tahun 2022 BBG  NEWS Teuku Yulianda, Atlet UBBG yang Raih Medali Perak pada Kejurnas Angkat Besi di Jakarta BBG  NEWS 78 Peserta PPG Prajab Gelombang I UBBG Ikut Orientasi BBG  NEWS 274 Lulusan FSTIK UBBG Diyudisium BBG  NEWS Mahasiswa UBBG Raih Juara I Aceh Business Competition HIPMI Aceh Tahun 2022 BBG  NEWS Dua Mahasiswa Penjas UBBG Raih Emas Pada Kejuaraan Nasional Karate Wadokai di Jakarta BBG  NEWS Atlet Panahan UBBG Raih Satu Emas dan empat Perak Pada Kejuaraan Kotaradja Archery Championship ll BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Peserta Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional BBG  NEWS UBBG Adakan Kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Pelaksanaan UKMPPG Daljab I Tahun 2022 BBG  NEWS Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia UBBG Raih Juara III Penulisan Cerpen Peksimida XV Provinsi Aceh