Prodi Pendidikan Matematika dan Unit PPL STKIP BBG Gelar Workshop PPL

1 Juni 2016 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Prodi Pendidikan Matematika bekerja sama dengan Unit PPL dan Micro Teaching STKIP BBG menyelenggarakan Workshop dan Pembekalan PPL untuk Mahasiswa dan Supervisor dengan tema, “Mewujudkan Guru Praktikan yang Profesional dan Kompeten di Bidangnya”. Kegiatan berlangsung di Plenary Hall STKIP BBG, Rabu (1/6). Pemateri dalam kegiatan wokshop tersebut adalah Dra. Asiah, M.D., M.P. (Ketua Unit PPL dan Micro Teaching PPL Unsyiah) dan Dra. Aini Mardiah, M.Pd. (Dosen Pendidikan Matematika Unsyiah).

Intan Kemala Sari, M.Pd., Ketua Penyelenggara menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencetak calon guru yang berkompeten dari STKIP BBG. “Melalui kegiatan ini kita berharap bahwa calon guru mempunyai strategi dalam pengelolaan kelas dan penyampaian materi saat proses pembelajaran di sekolah,”ujarnya.

Workshop dibuka oleh Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa PPL merupakan akhir dari segala proses perkuliahan. Sukses tidaknya seorang mahasiswa selama mengikuti perkuliahan sangat bergantung pada kemampuan praktikannnya di sekolah semasa PPL. “Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan ini supaya memiliki bekal yang banyak sehingga dapat menjadi seorang guru yang diidolakan siswa-siswanya,” ujarnya.

Tahap pertama pematarinya adalah Dra. Aini Mardiah, M.Pd. dimediasi oleh Miksalmina, M.Pd.  Dra. Aini Mardiah, M.Pd. menyatakan bahwa banyak teknik yang digunakan guru PPL dalam mengajar. Satu hal yang perlu diingat bahwa guru jangan terlalu sensitif  dalam menghadapi permasalahan siswa. Calon guru harus mampu bersikap profesional dalam mengajar dan menghadapi setiap masalah anak. “Seorang calon guru jangan sombong dan berbohong saat mengajar,” ujarnya.

Pemateri tahap kedua adalah Dra. Asiah. M.D., M.P. dimediasi oleh Drs. Musdiani, M.Pd. Dra. Asiah. M.D., M.P menyatakan bahwa PPL itu perlu bagi mahasiswa pendidikan. Hal ini sesuai dengan amanat perundang-undangan yakni guru harus memiliki empat kompetensi yakni pedagogik, kepribadian perofesional, dan sosial. Selain itu, beliau juga menyampaikan peran dosen pembimbing sangat  penting karena selain sudah tertuang dalam aturan PPL bahwa mahasiswa PPL harus mendapatkan bimbingan dari supervisor, perhatian dosen pembimbing sangat menentukan keberhasilan mahasiswa PPL.

Acara diselingi hiburan penampilan nasyid dari group Nasyid STKIP BBG.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa