Pembantu Dekan Pusat Pengajian Bahasa Moden UUM Menjadi Pemateri Kuliah Umum STKIP BBG

2 Juni 2016 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Dr. Mohd. Zailani Bin Mohd. Yusoff (Pembantu Dekan Pusat Pengajian Bahasa Moden Universitas Utara Malaysia) menjadi pemateri pada Kuliah Umum Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Anak Usia Dini STKIP BBG. Kegiatan yang bertema, “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Transformasi Nilai Religius untuk Membentuk Calon Pendidik yang Profesional” berlangsung di Plenary Hall STKIP BBG, (2/6). Acara dibuka dengan penampilan tarian Ranup Lampuan dari Mahasiswa UKM Kreasi Seni STKIP BBG.

Drs. Musdiani, M.Pd., ketua penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada panita yang telah menyiapkan segala hal demi kesuksesan acara. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada dosen, karyawan, dan mahasiswa yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini.”Kami berharap kepada mahasiswa agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan tentang pendidikan berkarakter. Kelak, ini menjadi bekal bagi mahasiswa saat mengajar di sekolah,” ujarnya.

Lili Kasmini, M.Si., Ketua STKIP BBG dalam sambutannya menyatakan bahwa persamaan budaya dan aqidah antara dua negara serumpun ini akan membuat proses pembentukan karakter bagi anak-anak kedua negara tidak jauh berbeda.” Tentu saja pengalaman dan pengetahuan yang Bapak pemateri sampaikan tentang pendidikan karakter  bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa STKIP BBG,” ujarnya.

Dr. Mohd. Zailani Bin Mohd. Yusoff menyatakan bahwa ada dimensi kemanusiaan yang penting bagi pendidikan anak. Dimensi paling utama adalah afektif(tercermin dari nilai sikap dan religi), selanjutnya baru aspek kognitif (tercermin dari kemampuan daya pikir), dan aspek psikomotorik (tercermin dari kemampuan keterampilan). “Peranan guru harus menanamkan nilai-nilai  karakter yang bersumber dari agama di sekolah karena pengetahuan tersebut lebih utama dari pengetahuan lainnya,” ujarnya.

Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata oleh Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. kepada Dr. Mohd. Zailani Bin Mohd. Yusoff.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa