PBI BBG & PBI USK Akan Adakan Program Upgrading Teachers Professional Skill and Pedagogy untuk Guru Bahasa Inggris Se-Aceh Tengah

24 Maret 2021 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Semakin hari kian banyak lembaga yang menjalin kerja sama dengan BBG. Hal ini membuktikan bahwa BBG semakin berkiprah di masyarakat. Salah satu kerja sama yang baru-baru ini dirintis adalah dengan Pendidikan Bahasa Inggris USK. Tim PBI USK berkunjung ke kampus STKIP BBG. Kedatangan rombongan disambut oleh unsur pimpinan kampus setempat, Selasa (23/3/2021). 


Wakil Ketua I Bidang Akademik Miksalmina, M.Mat menyampaikan selamat datang kepada Ketua Prodi PBI USK Prof. Dr. Burhanuddin Yasin, M.Ed. beserta rombongan. Beliau berharap semoga awal dari kegiatan tridarma perguruan tinggi antara BBG dengan PBI USK ini  dapat membuka kegiatan kerjasama lainnya antar kedua belah pihak sehingga nantinya dengan kerja sama yang solid dapat meningkatkan mutu kedua lembaga dan mampu  mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Aceh.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP BBG Sri Wahyuni, M.Pd. menyatakan bahwa kunjungan tersebut sebagai bentuk silaturahmi. Selain itu, juga ada pembahasan tentang program pengabdian sebagai tindak lanjut dari kerja sama Prodi  Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Syiah Kuala dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Kegiatan yang mengusung tema “Upgrading Teachers’ Professional Skill and Pedagogy untuk guru Bahasa Inggris SMP dan SMA/SMK Se-Aceh Tengah”  akan berlangsung di Takengon pada  26-28 Maret 2021.


Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris USK Prof. Dr. Burhanudddin Yasin, M.Ed. menyatakan bahwa ada tiga bidang  kerja sama yang harus diperkuat yakni kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Salah satunya adalah program pengabdian untuk meningkatkan keterampilan dan  pedagogik guru  di Aceh Tengah.  Beliau berharap kegiatan ini nantinya berdampak besar dalam peningkatan kapasitas SDM pendidik. 
Beliau juga ingin dalam kerja sama kedua belah pihak ini  harus mempunyai punya satu visi yang harus dibangun. “Kita harus mempunyai komitmen yang kuat untuk mengembangkan kerja sama ini,”ujarnya.

Salah satu bentuk implementasi dari kerja sama antara bbg dengan fkip universitas syiah kuala adalah pelaksanaan kegiatan workshop kepada 110 guru mata pelajaran bahasa Inggris, dari Guru SMP, Guru SMA,dan Guru SMK, kegiatan ini di fasilitasi oleh dinas pendidikan aceh tengah provinsi Aceh, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Wakil Ketua IV Bidang Kemahasiswaan BBG Dr. Musdiani, M.Pd. menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan bimbingan akademik kepada guru terkait dengan kompetensi profesional dan pedagogik, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan serta pemahaman teori dan praktik pengetahuan dalam proses pembelajaran melalui pendekatan ilmiah yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dengan harapan menjadi guru profesional serta menjadi guru yang baik di setiap kelas.

Dr. Musdian, M.Pd

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa