ON MIPA 2016 Wilayah Kopertis XIII Aceh Diselenggarakan di STKIP BBG

5 April 2016 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran Kemahasiswaan, Kemristekdikti  menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan akademik dan wawasan mahasiswa.

Di Provinsi Aceh,  pihak Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII  memilih  STKIP BBG Banda Aceh sebagai tuan rumah penyelenggaraan ON MIPA 2016. Olimpiade yang berlangsung pada 5-6 April 2016 diikuti oleh 186 peserta dari 14 perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Aceh dengan rincian Matematika 67 peserta, Kimia 24 peserta, Fisika 37 peserta, dan Biologi 58 peserta.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XIII Drs. Zulkarnain, M.Ap. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa perwakilan peserta Aceh yang mengukir prestasi pada kompetisi ON MIPA tingkat nasional masih minim. Beliau menyampaikan beberapa saran kepada mahasiswa agar ada peningkatan pada ajang ON MIPA tahun ini yakni mahasiswa harus percaya diri,  jangan tergesa-gesa dalam mengisi soal, dan memita pertolongan kepada Allah swt.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara yang telah mempercayai STKIP BBG sebagai tuan rumah. Beliau menyatakan bahwa STKIP BBG merupakan kampus yang sedang berbenah, tentu saja masih ada kekurangan dalam beberapa hal. “Kami memohon maaf jika ada kekurangan yang membuat peserta kurang nyaman. Harapannya peserta yang merupakan orang-orang pilihan dapat berkompetisi dengan baik. Semoga tidak hanya mengharumkan nama kampus tetapi juga Aceh,” ujarnya.

Muhammad Fuad, S.Ag., ketua penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada pihak STKIP BBG yang telah menyediakan dan mempersiapkan tempat dengan baik demi kesuksesan kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan ON MIPA merupakan ajang kompetisi tingkat nasional. Para juara tingkat provinsi akan mengikuti kompetisi ON MIPA tingkat nasional pada Agustus mendatang.

Hadir dalam pembukaan tersebut Utusan Universitas Gajah Mada (UGM) Samsul Abrahah, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Aceh H. Ir. Hidayatullah Daud, M.T., Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XIII Aceh Drs. Zulkarnain, M.Ap., dosen pembimbing, dan peserta olimpiade. Acara juga diisi dengan hiburan oleh grup paduan suara STKIP BBG.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa