Menristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Gali Potensi Daerah

20 Desember 2018 | BBG News

PDF version

JAKARTA–Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) senantiasa mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi diharapkan selain berfungsi menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualitas, berketrampilan dan berdaya saing tinggi juga agar mampu mengasah SDM milenial tersebut untuk menggali potensi daerah, sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat Indonesia di daerah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Menristekdikti) Mohamad Nasir saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) pendirian universitas baru di Purbalingga, Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) berbasis Éntrepreneur University Selasa (18/12/2018), di Kantor Kemenristekdikti.

“Pendirian perguruan tinggi (PT) baru dan merger (penggabungan PT) akan menjadi dinamika bentuk kelembagaan pendidikan yang terus bergulir. Pemerintah memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi baru untuk berinovasi dan memberikan warna baru di dunia pendidikan, dan akan dilakukan penggabungan terhadap perguruan tinggi lama yang tidak baik,” ujarnya. “Dengan Indonesia memasuki Revolusi Industri 4.0 yang gegap gempita dicanangkan sejak awal tahun 2018, sudah selayaknya PT baru dan PT yang sudah lama berdiri, bersiap-siap untuk beradaptasi,” jelas Menristek.

Sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/20/11565941/menristekdikti-dorong-perguruan-tinggi-gali-potensi-daerah

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa