Mencengangkan, Mahasiswa Ilmu Komputer UBBG Ciptakan Alat Pendeteksi Ketinggian Air

16 Januari 2022 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Walaupun baru berdiri, namun mahasiswa Prodi Ilmu Komputer UBBG memiliki talenta yang luar biasa. Betapa tidak, mahasiswanya telah menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Mereka berhasil menciptakan alat pendeteksi ketinggian air dengan menggunakan rangkaian alat elektronik. Mahasiswa semester satu ini telah mampu menciptakan tiga rangkaian alat elektronika berbasis pemrograman. Hal ini sangat diapresiasi oleh pihak kampus UBBG itu sendiri serta dosen-dosen ilmu komputer.

Alat pendeteksi ketinggian air atau biasa disebut dengan “water level sensor” memiliki kegunaan dan manfaat yang sangat baik. Water level sensor bisa digunakan pada rumah-rumah dalam mengontrol isi tanki air pada bak mandi ataupun pada drum air. Water level sensor akan bekerja mendeteksi ketinggian air pada bak mandi atau drum air yang sudah dipasangkan alat tersebut, sehingga kita dapat melihat isi/kapasitas air yang berada didalam bak mandi/drum air, pada saat air yang terdapat dalam bak mandi/drum air mencapai maksimal (penuh) maka alat tersebut akan berbunyi sebagai bentuk peringatan, sehingga kita dapat mematikan kran airnya agar tidak tumpah.

Alat ini juga mampu membuat mesin pompa air mati dengan otomatis pada saat air dalam bak penuh. Melalui program coding yang telah diinput pada alat tersebut , sensor mampu membaca serta menjalankan perintah sesuai dengan program yang telah diinput ke dalam air. Alat yang digunakan untuk menjalankan programnya ialah Arduino Uno. Water level sensor juga dilengkapi dengan LCD yang mampu menampilkan informasi terkait ketinggian air , ketika pin sensor water level tersentuh air maka LCD akan menampilkan volume ketinggian air pada saat itu juga.

Selain itu kegunaan water level sensor juga bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi bencana alam, seperti banjir dan tsunami sehingga masyarakat bisa mengantisipasi bencana yang datang dengan tiba-tiba.

Kegiatan pengerjaan projek ini bertujuan supaya Anak anak Aceh Dapat berpikir kreatif dan Menciptakan alat yang bermanfaat Untuk Umat.

Mukhrozi, M. T. mengatakan sangat mendukung program ini karena sangat banyak benefit yang kita dapatkan dari kegiatan ini, selain mereka dapat berpikir kreatif juga mahasiswa Ilkom UBBG dapat melakukan proyek ini secara sama sama. Tentu hal ini akan terbentuk sebuat ikatan emosional dalam tim kerja. Selain itu, benda yang mereka buat diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat terutama untuk mitigasi bencana.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa

 BBG  NEWS UBBG Tandatangani MoU Kerja Sama dengan Perpustakaan RI BBG  NEWS UBBG Tandatangani MoU dengan Perpustakaan RI BBG  NEWS Rektor UBBG Buka Kegiatan Audit Internal Berbasis ISO BBG  NEWS Atlet UKM Panahan UBBG Lakukan Persiapan untuk Kejuaraan Indonesia Open (Sirkuit Nasional Panahan Stage I 2022) BBG  NEWS Jajaran Pimpinan dan Dosen Ilmu Komputer UBBG Ikut Workshop Persiapan Akreditasi BBG  NEWS Dosen UBBG Lolos Proposal Hibah Penelitian Kemdikbudristek BBG  NEWS Keluarga Besar UBBG Adakan Halalbihalal BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri Part 3 BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri UBBG Part 2 BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri Part 1 BBG  NEWS UBBG Tandatangani MoU Kerja Sama dengan Perpustakaan RI BBG  NEWS UBBG Tandatangani MoU dengan Perpustakaan RI BBG  NEWS Rektor UBBG Buka Kegiatan Audit Internal Berbasis ISO BBG  NEWS Atlet UKM Panahan UBBG Lakukan Persiapan untuk Kejuaraan Indonesia Open (Sirkuit Nasional Panahan Stage I 2022) BBG  NEWS Jajaran Pimpinan dan Dosen Ilmu Komputer UBBG Ikut Workshop Persiapan Akreditasi BBG  NEWS Dosen UBBG Lolos Proposal Hibah Penelitian Kemdikbudristek BBG  NEWS Keluarga Besar UBBG Adakan Halalbihalal BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri Part 3 BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri UBBG Part 2 BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri Part 1 BBG  NEWS UBBG Tandatangani MoU Kerja Sama dengan Perpustakaan RI BBG  NEWS UBBG Tandatangani MoU dengan Perpustakaan RI BBG  NEWS Rektor UBBG Buka Kegiatan Audit Internal Berbasis ISO BBG  NEWS Atlet UKM Panahan UBBG Lakukan Persiapan untuk Kejuaraan Indonesia Open (Sirkuit Nasional Panahan Stage I 2022) BBG  NEWS Jajaran Pimpinan dan Dosen Ilmu Komputer UBBG Ikut Workshop Persiapan Akreditasi BBG  NEWS Dosen UBBG Lolos Proposal Hibah Penelitian Kemdikbudristek BBG  NEWS Keluarga Besar UBBG Adakan Halalbihalal BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri Part 3 BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri UBBG Part 2 BBG  NEWS BBG TV: Pesona Idul Fitri Part 1