Melirik Pesona Tersembunyi Air Terjun Simpang

8 Juni 2021 | BBG News

PDF version

Serambi Indonesia, edisi 7 Juni 2021

Cutti Lianda Maqfirah, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia dan  anggota UKM Jurnalistik Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Melaporkan dari Labuhan Haji,  Aceh Selatan

 

Satu tahun yang lalu tepatnya pada bulan Ramadan saya pulang ke kampung halaman, tepatnya di Labuhan Haji, Aceh Selatan. Di sana banyak saudara dan sepupu saya yang menceritakan tentang indahnya pesona alam dibalik pegunungan suatu kampung, yaitu tempat pemandian air terjun yang kami sebut air terjun Simpang. Mengapa begitu, karena letak dan tempat pemandian tersebut berada di suatu perkampungan yang namanya Kampung  Simpang.

Nah setelah saudara saya menceritakan hal tersebut saya tertarik untuk mengunjungi tempat itu guna untuk menikmati pemandangan alam sekitar karena sedang bulan puasa jadi saya rasa tidak asyik, karna sangat melelahkan. Setelah bulan puasa berakhir dan lebaran pun tiba pikiranku terus tebayang akan tempat itu dan karena rasa penasaran itu terus menghantui, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ketempat itu pada lebaran kesepuluh dengan sepupu saya. Untuk bepergian ketempat itu kami hannya membawa bekal dan makanan seadanya dari rumah. Saya berpikir perjalanan ketempat itu bakal memakan waktu yang lama dan pasti tidak ada yang menjual makanan di sana karena tempatnya yang berada di tengah-tengah gunung, dan ternyata perjalanan ke tempat tersebut tidak separah yang saya duga, karena jalannya begitu bagus dan tampak memang ada sebuah perkampungan yang kami lewati untuk menuju ke tempat tersebut, inilah yang disebut Gampong Simpang. Tidak sampai satu jam kami pun tiba di tempat pemandian air terjun simpang ini.

Sesampainya di tempat itu saya langsung terheran-heran dengan pesona alam yang ada. Mengapa tidak, tempat seperti ini seharusnya menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi, lagi pula tempat ini pun sangat cocok bagi kalian yang suka berkemah dan ingin membuat api unggun untuk acara di malam hari seperti acara berkemping, berpiknik dan lainnya. Jangan khawatir bagi kalian yang ingin datang ke tempat ini karena tempat ini masih dibilang sangat aman untuk orang yang ingin berekreasi karena letak dan tempatnya masih dekat dengan perkampungan. Namun sangat disayangkan tempat ini sepertinya  belum banyak diketahui oleh warga dan penduduk di beberapa kampung lainya. Sebagian besar yang mengetahui tempat ini adalah anak-anak ABG seperti kami, yang bertujuan untuk menikmati pemandangan yang ada.

Nah bukan hanya itu saja sebelum memasuki tempat ini juga ada  warung yang berjualan jajanan, mungkin ada orang-orang  yang tidak membawa bekal seperti kami mereka bisa membelinya terlebih dahulu. Hal yang perlu kalian ketahui untuk berpergian ke tempat ini sangatlah ekonomis karena tempat ini tidak dipungut biaya atau tiket masuk lainya, sangat praktis bukan.

Mungkin ada diantara kita dan orang di luaran sana yang ingin berlibur tetapi tidak memiliki budget yang cukup jangan lah risau, kalian tidak perlu menghabiskan banyak uang dengan datang dan berpegian keluar kota hannya untuk liburan. Tidak ada salahnya jika kita mencoba berlibur ketempat yang indah terjangkau seperti air terjun simpang ini. Tempatnya yang juga tidak kalah menarik dengan wisata yang terkenal di beberapa tempat lainya.

Ah, sungguh ini adalah pemandangan alam yang sangat indah dan nyata, saya sangat takjup melihatnya.Tempatnya yang sungguh indah berada di tengah-tengah gunung yang ditumbuhi pepohonan yang besar nan lebat pastinya tanah disini sangatah subur yang membuat suasana ditempat ini terasa begitu sejuk dan sangat asri. Airnya pun begitu bersih dan jernih terus mengalir dengan sangat indah. Bukan itu saja, air disini sangat lah dingin dan segar karena berasal dari gunung. Tak heran jika melihat ada bayak orang yang datang untuk mandi, saya pun juga ikut tergiur untuk mandi namun apa boleh buat saya tidak membawa pakaian  Untuk mandi, karena saya juga tidak menduga tempatnya akan sebagus ini dan saya pikir saya ke air terjun ini hannya untuk bersantai dan berfoto-foto.  Air terjun yang seperti ini belum pernah saya lihat dan temui sebelumnya, karena ukurannya yang kecil dan hannya memiliki tinggi sekitar dua meter, air terjun ini terus mengalir turun ke sungai. Yang membuat air terjun ini menjadi semakin unik dari air terjun lainnya. Begitu banyak bebatuan besar yang tersusun di dalam sungai yang ada dibawahnya sehingga bebatuan tersebut tersusun membentuk seperti kolam-kolam, bebatuan tersebut tersusun rapi sehingga kita berpikir seperti ada yang menyusunnya padahal bebatuan tersebut berasal dari gunung yang di bawa oleh aliran air sungai yang deras saat hujan turun. sungguh pemandangan yang indah dan alami. Hal ini tentu sangat cocok untuk menjadi tempat berfoto dan bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam.

Tidak jarang yang kita temui atau melihat tempat-tempat wisata lain yang di cemari oleh sampah non organik contohnya sampah palastik,  bahkan sudah bayak poster atau pajangan yang menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Namun larangan tersebut tidak pernah dihiraukan dan diindahkan dengan benar. Tetapi itu berbeda halnya dengan tempat yang saya kunjungi kali ini, air terjun simpang ini memiliki tempat yang begitu bersih tidak ada kita temui sampah-sampah plastik yang mencemari lingkungan ditempat ini. Hal ini lah yang membuat kita merasa nyaman berada di tempat seperti ini. Bahkan sama halnya dengan kalian pasti juga ingin mencari tempat yang nyaman dan indah untuk dipandangi.

Bahkan tidak sedikit dari kami yang ingin mengambil dan mengabadikan momen ataupun kenangan Yang bagus. Untuk dijadikan pajangan di sosial media. Jika kalian ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau teman dan kerabat dekat lainnya, air terjun simpang ini saya rasa sangat bagus untuk menjadi spot foto, yang mengabadikan moment kalian akan menjadi lebih indah dan juga estetik. Mengapa tidak,  karena kalian akan disuguhkan akan pemandangan dan panorama alam yang  indah dan alami.

Saya bersama saudara saya pun sangat lama berada ditempat ini untuk menikmati keindahan alam tersebut,sambil bercerita, rasanya tidak ingin pulang dari tempat ini, dan karena kami tidak mandi kami hannya bermain air dan berfoto Selfie, setelah puasnya bermain kami pun merasa kelelahan untunglah kami ada membawa makanan  dan akhirnya menikmati makanan yang kami bawa dari rumah.

Pemandian air terjun Simpang sangat berkesan bagi kami. Sebuah destinasi wisata daerah yang layak untuk dikunjungi. Kami berharap agar tempat ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk dijadikan salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikembangkan.

 

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa