Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

28 Februari 2013 | BBG News

PDF version

Pada 12 Rabiul Awal pada Tahun Masehi disaat Ka’bah sedang diserang oleh para tentara bergajah yang dipimpim oleh Abraham. Allah SWT menurunkan seorang anak manusia yang ditunggu-tunggu oleh Dunia untuk menancapkan Kalimat Tauhid dimuka bumi ini. pada tahun inilah Rasulullah SAW dilahirkan kemuka bumi ini melalui rahim seorang ibu bernama Aminah di Kota Mekah.

Kelahiran Rasulullah SAW kemuka bumi ini untuk merubah Akhlak manusia dan menyeru kepada Keimanan kepada Allah swt. Meskipun tak sedikit ujian yang dia lalui dengan hati tabah dan berserah diri kepada Allah swt. Dengan kepribadian yang sangat mengagumkan, beliau berhasil merubah Kota Mekah dan Manidah menjadi Pusat peradaban Dunia pada saat itu, beliau juga berhasil membawa ajaran islam keseluruh dunia.

Saat ini rasulullah sudah tidak ada lagi bersama umat muslim, akan tetapi, sejarah tentang akhlak beliau selalu dikenang oleh umat muslim seluruh dunia. Masyarakat Muslim di Indonesia mengenang perjuangan Rasulullah melalui acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW setiap bulan rabiul awal untuk mengenang kehidupan rasulullah sehingga mereka mampu mengamalkannya dikehidupan mereka masing masing

Di zaman sekarang ini teladan kehidupan rasulullah saw semakin memudar, kebiasaan umat muslim khususnya dan umumnya seluruh manusia di dunia sudah sangat jauh dari ajaran rasulullah saw. Bebagai hal sudah tampak berbaur antara yang hak dengan yang bathil sehingga susah untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Ajaran Rasulullah saw merupakan ajaran kehidupan yang selalu berpegang kepada dua kalimah syahadat dan menyeru kepada yang hak dan melarang yang bathil sehingga dengan ajaran ini Islam sudah mempunyai batasan hak dan yang bathil dalam kehidupan umatnya. Dengan keilmuan dizaman sekarang ini, sudah tentu banyak yang mengetahui betapa indahnya ajaran islam itu, akan tetapi umat muslim yang sudah mengetahui sejarah kehidupan rasulullah sendiri malah semakin jauh dari ajaran dan tauhid kepada Allah swt.

Indonesia adalah negara muslim dengan penduduk terbanyak didunia, dan Aceh adalah salah satu provinsi di indonesia yang sangat terkenal dengan Syariat Islam dimana seluruh masyarakat bersatu padu untuk mewujudkan islam yang kaffah (menyeluruh) disegala hal sudah sepatutnya merayakan kelahiran Rasulullah saw guna mengingatkan kembali masyarakat untuk terus berusaha meneladani kehidupan baginda Nabi Muhammad saw. Dengan teladan kepada Rasulullah saw, akan tercipta kehidupan yang harmonis diantara Manusia dengan Allah SWT (Hablum minallah) dan manusia dengan manusia (hablum minannas).

Melalui Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Umat Muslim akan mengingat kembali betapa besarnya pengorbanan Rasullullah saw dan para sahabat untuk menegakkan islam dibumi ini. Sehingga akan terbesit dalam sanubari setiap manusia untuk terus bersatu dan memperkuat barisan muslim untuk terus mengamalkan Ayat-Ayat Al-Quran dan Sunnah-Sunnah Rasulullah SAW.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa