Mantan Menteri Agama RI Isi Kuliah Umum Moderasi Beragama di UBBG

16 Mei 2024 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Tokoh Moderasi Beragama, Menteri Agama Republik Indonesia RI yang menjabat pada periode 2014-2019 Dr KH Lukman Hakim Saifuddin menjadi pemateri kuliah umum Moderasi Beragama. Kegiatan berlangsung di Plenary Hall kampus setempat, Kamis (16/5/2024). Sebanyak 500 Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan dibuka oleh Rektor UBBG Dr Hj Lili Kasmini SSi MSi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang kepada Dr KH Lukman Hakim Saifuddin di kampus UBBG. Kesediaan pemateri untuk berbagi pengetahuan bersama mahasiswa UBBG merupakan anugerah yang luar biasa.

Beliau berharap kepada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena banyak ilmu, pengalaman, wawasan bermanfaat yang didapat dari mantan menteri agama terutama tentang toleransi beragama.

“Terima kasih untuk Dr KH Lukman Hakim yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi Bapak karena telah menebar kemaslahatan, ” ujarnya.

Sementara itu, Dr KH Lukman Hakim Saifuddin dalam penyampaian materinya menyatakan bahwa moderasi beragama bukan untuk mengubah ajaran agama. Agama sudah pasti benarnya. Sedangkan yang dimoderasi adalah cara kita beragama. Beliau menambahkan bahwa Indonesia dikenal negara yang kaya akan keragaman termasuk di bidang agama. Oleh karena itu, kita dituntut bagaimana bisa bersikap toleran terhadap keberagaman tersebut. Dalam beragama teks dan konteks harus dipahami secara selaras, tidak boleh diabaikan satu hal karena akan mengingkari inti pokok ajaran agama. Apalagi jika disikapi berlebih-lebihan atau terlalu kaku maka akan mengarah ke hal ekstrim. Tidak boleh juga terlalu mengandalkan logika dan akal dalam beragama. Di sinilah perlunya moderasi beragama yang mampu menyeimbangkan dua kutub yang berbeda.

Bagikan
Skip to content