Mahasiswa STKIP BBG Raih Juara 3 Lomba Debat NUDC 2014

24 Juni 2014 | BBG News

PDF version

BBG NEWS – Pemenang National University Debating Championship (NUDC) 2014 tingkat PTN/PTS se-Aceh yang diadakan oleh Kopertis Wilayah XIII Aceh telah diumumkan di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Selasa (24/6). STKIP Bina Bangsa Getsempena berhasil meraih juara 3 dengan mengalahkan Universitas Muhammadiyah Aceh di event tersebut. Sebelumnya di babak perempat final STKIP Bina Bangsa Getsempena mengalahkan Universitas Jabal Ghafur dan berhadapan dengan Universitas Syiah Kuala di babak semifinal.

Mahasiswa STKIP Bina Bangsa Getsempena yang diwakili oleh Mulyadi Syahputra dan M Abrar selanjutnya akan bergabung dengan delegasi Aceh ke lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional pada Agustus mendatang.

“Alhamdulillah, ini sangat sukses karena mereka merupakan perwakilan dari satu-satunya Sekolah Tinggi di Aceh yang masuk ke semifinal. Luar biasa, mereka punya talenta dan mampu bersaing dengan Universitas Negeri dan Swasta yang sudah punya nama,” ungkap Regina Rahmi M.Pd selaku Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud telah melangsungkan lomba NUDC sejak tahun 2008. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi para mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antarperguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa.

Pemenang NUDC tahun 2013 telah diutus sebagai delegasi Indonesia ke lomba debat tingkat dunia (World University Debating Championship) di Chennai, India yang diikuti oleh 63 negara. Delegasi Indonesia berhasil mengukir prestasi dengan meraih Juara 1 untuk kategori EFL. Pemenang NUDC tahun 2014 akan mewakili Indonesia WUDC di Kuala Lumpur, Malaysia yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2014 sampai dengan awal Januari 2015.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa