Mahasiswa PLP Memberi Sosialiasi dan Pendampingan Pembuatan Google Form bagi Guru SMA SMAKOM

1 Desember 2020 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Akibat masa pandemi yang terjadi akhir-akhir ini membuat beberapa sekolah di Aceh masih melakukan proses belajar-mengajar secara daring, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini membuat para guru harus pintar dalam mengoperasikan  segala media pembelajaran berbasis online. Ini juga dirasakan oleh para guru di SMA Keberbakata Olahraga Negeri Aceh (SMAKON).  Sekolah ini masih menerapkan sistem yang sama.

Mahasiswa  STKIP BBG Banda Aceh yang kini tengah melaksanakan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) juga ikut terlibat atas aktivitas dan rutinitas ini, para guru dan mahasiswa PLP harus sama-sama melek Iptek guna pembelajaran yang baik untuk ke depannya. Namun demikian, banyaknya penggunaan aplikasi terkadang masih membingungkan, terutama bagi para guru senior yang rutinitasnya begitu padat dan menyulitkan mereka untuk dapat mempelajarinya.

Mengingat tidak lama lagi para siswa akan mengikuti ujian semester 1, maka para guru diharuskan dapat memberi soal ujian  menggunakan Google Form, yakni salah satu media google yang dapat diisi seperti kuesioner bagi penerima link. Agar dapat berjalan lancar, dan seluruh guru SMAKON mengerti cara pembuatannya, mahasiswa PLP STKIP BBG diminta mengadakan sosialisasi kecil-kecilan terhadap guru dan membimbing secara langsung proses pembuatannya. Hal ini tentu sangat diterima baik oleh para mahasiswa.

Pelatihan Pembuatan Google Form ini berlangsung pada Senin, (30/11/2020). Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah dan Wakil  kurikulum, lalu dilanjutkan oleh Evi Darmayani dan Intan Makfirah selaku mahasiswa PLP untuk membimbing dan menjelaskan langsung cara mengoperasikan Google Form dengan menggunakan infocus di depan para guru. Mahasiswa lainnya tak ketinggalan langsung memberikan bimbingan disamping para guru-guru SMAKON. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00-12.00 WIB berjalan sangat lancar dan sangat disambut baik oleh para guru. Selain sebagai ajang sharing informasi, kegiatan sejenis ini juga berdampak baik untuk menjaga kekompakkan dan silaturahmi antar guru sekolah dengan mahasiswa PLP.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa