Mahasiswa PBSID STKIP BBG Berkunjung ke Serambi Indonesia

15 Mei 2017 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—“Syarat menjadi seorang jurnalis itu harus pandai menulis dan banyak wawasan,”ujar Sekretaris Redaksi Serambi Indonesia Bukhari M.Ali  saat diskusi dengan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP BBG di Newsroom kantor redaksi setempat, Senin (15/5).

Bukhari M. Ali memaparkan banyak hal tentang sumber berita, kode etik jurnalistik, syarat sebuah tulisan yang dimuat di media. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang prosesionalitas seorang wartawan. “Wartawan walau dari berbagai latar belakang manapun juga harus melewati testing. Test utama  adalah wawasan. Sekarang saya tanya siapa yang tahu nama-nama bupati dan walikota di Aceh? Kalau tahu saya angkat jadi wartawan sekarang,” ujarnya. Sontak saja disambut gelak tawa mahasiswa.

Hendra Kasmi, M.Pd., pengampu mata kuliah Jurnalistik menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk menambah wawasan, keterampilan, dan  pengalaman mahasiswa dalam bidang jurnalistik mulai dari proses peliputan sampai publikasi berita. “Sekarang mahasiswa dapat melihat secara langsung proses pemberitaan di media massa. Kalau dalam pertemuan perkuliahan kan terbatas,” ujarnya.

Kegiatan tersebut merupakan program kunjungan edukatif mata kuliah Jurnalistik Podi PBSID . Selain itu, hadir juga mahasiswa UKM Jurnalistik kampus setempat. Mahasiswa juga diajak berkeliling melihat percetakan, Studio Kompas TV, dan Serambi FM

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa