Mahasiswa PBSID BBG Adakan Diskusi Sastra dengan Cerpenis Nasional Ramajani Sinaga

18 Desember 2015 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS—Mahasiswa PBSID STKIP BBG mengadakan pertemuan dengan Cerpenis Ramajani Sinaga. Pertemuan berlangsung di Taman AAC Dayan Dawood Unsyiah, Kamis (18/12). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program mata kuliah Prosa Fiksi dan diskusi rutin Komunitas Sastra Balee Pena. Mahasiswa PBSID sangat antusias berdiskusi dengan sastrawan muda yang berasal dari Medan tersebut. Sang cerpenis banyak memaparkan tentang kiat-kiat menulis sastra yang baik.

Mustika Rahayu, seorang peserta diskusi menyatakan bahwa ia sangat senang bertemu dengan penulis terkenal itu. Banyak pengalaman hidupnya yang sangat menginspirasi. Selain itu, gaya penyampaiannnya yang menarik dan kocak menambah hidup suasana. “Kami belajar banyak hal dari abang penulis, khususnya tentang teknik menulis cerpen,” ujarnya.

Sementara itu, Ramajani Sinaga menyatakan bahwa ada tiga yang perlu dilakukan supaya kita menjadi seorang penulis yang sukses yakni banyak membaca, menulis karya unik, dan berkawan dengan penulis. “Banyak isu menarik daerah pedalaman yang belum terekpos. Tugas kalian sebagai orang pribumi untuk mengangkatnya dalam bentuk tulisan,” ujarnya.

Ramajani Sinaga merupakan seorang cerpenis nasional. Karya-karyanya banyak dimuat di media lokal dan nasional seperti Femina, Kompas, Sinar Harapan, Majalah Story, Medan Bisnis, Waspada, Analisa, Serambi Indonesia dan lain sebagainya. Buku kumpulan cerpennya yang baru terbit berjudul Keumala.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa