Mahasiswa PBI STKIP BBG dan Pascasarjana Unsyiah Ikut Workshop Language Teaching

14 Desember 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris STKIP BBG Banda Aceh mengikuti workshop yang diadakan oleh mahasiswa Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Kegiatan berlangsung di aula lama STKIP BBG Banda Aceh (Kamis, 13/12/2018). Tema yang diangkat pada workshop ini ialah Task-Based Language Teaching and Learning, yaitu materi yang memaparkan tentang teknik pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang tidak mempedulikan persoalan grammar (struktur kalimat) melainkan lebih memusatkan pembelajaran terhadap siswa. Siswa diminta lebih aktif ketika proses pembelajaran berlangsung, melainkan guru hanya sebagai fasilitator, mediator dan juga instruktor. Karena mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris STKIP BBG merupakan calon guru, maka workshop ini sangat bermanfaat untuk bekal dan juga pengetahuan tambahan ketika menjadi guru nanti.

Acara ini dipandu oleh Dini Hanifah (mahasiswa Pascasarjana Unsyiah) sebagai moderator. Workshop ini memiliki 3 pemateri, yaitu Dewi Atika Pane, Fitriah, dan Nadia Ulfa. Setelah materi selesai dipaparkan dan sesi Tanya jawab berakhir, maka kegiatan dilanjutkan dengan group discussionyang membahas tentang utopia, yaitu hayalan atau imajinasi setiap kelompok. Utopia tersebut akan dipresentasikan didepan seluruh audience yang berhadir. Disela-sela berlangsungnya kegiatan, tim panitia menyiapkan music performance yaitu penampilan music dengan menggunakan alat gitar, untuk menghibur seluruh peserta yang berhadir.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan peserta workshop sangat antusias mengikutinya. Antusiasme peserta dapat dilihat dari keaktifan peserta saat sesi tanya jawab berlangsung, group discussion dan juga group presentation. Seluruh kegiatan ini dipandu oleh mahasiswa pascasarjana Unsyiah, baik dari MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan do’a, moderator, pemateri dan juga tim performance.

“Tema workshop hari ini merupakan salah satu materi perkuliahan mahasiswa PBI semester 5 pada mata kuliah Teaching English as Foreign Language. Semoga apa yang dipelajari hari ini dapat diaplikasikan ketika menjadi guru nanti.”ujar Sri Wahyuni, M.Pd  Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris saat membuka acara.

Laporan: Huriaty Dhuhaisna

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa