LLDikti Wilayah Aceh Visitasi Rancangan Perubahan Status Perguruan Tinggi Kampus BBG

19 Agustus 2020 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS–Tim LL Dikti Wilayah XIII Aceh melakukan visitasi rancangan penggabungan kampus STKIP BBG dengan STIKes Lhok Sukon dan perubahan status sekolah tinggi ke perguruan tinggi. Kegiatan berlangsung di ruang pimpinan kampus setempat, Rabu (19/8/2020).

Kasubbag Kelembagaan LL Dikti Wilayah XIII Muhammad Nur, M.Pd. menyatakan bahwa penggabungan ini merupakan amanah Kemendikbud. Melalui penggabungan ini, pemerintah berharap penyelenggaraannya berlangsung efektif.

Kami mengharapkan sebelum diajukan ke Kemendibud semua harus beres untuk menghindari perubahan data yang berulang-ulang di kemudian hari. Intinya kalau belum selesai di tahap institusi nanti akan bermasalah di Kemendikbud.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi hasil evaluasi dapat ditindak lanjuti dengan baik sehingga nantinya akan benar-benar sempurna, “pungkasnya.

Indratmoko Ariwibowo, ketua tim pengusul memaparkan bahwa kampus BBG terdiri dari enam prodi yakni Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, PGSD, PG PAUD. Semuanya sudah terakreditasi B. Begitu juga dengan STIKes Lhok Sukon yang terdiri dari tiga Prodi yakni Profesi Ners, Keperawatan, dan Kebidanan. Sehingga semua prodi tersebut sudah memenuhi syarat untuk penggabungan menuju universitas.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya Drs. M. Najib, M.Pd. berharap sebelum ke Kemendikbud data mahasiswa dan dosen harus lengkap

“Data dosen harus dilengkapi dari sekarang karena waktu perpindahan status perguruan tinggi nanti tidak lagi mengalami kesulitan. Akreditasi juga harus diperhartikan dari sekarang sebelum perubahan status,”pungkasnya.

Beliau menambahkan bahwa secara umum penggabungan perguruan tinggi di Aceh prosesnya masih lamban. Sebagian besar prodi yang ingin digabungkan adalah kebidanan. Penggabungan bukan pekerjaan mudah. Kendala besarnya adalah memperbaiki data di pangkalan data Dikti. Namun dengan tim yang solid pekerjaan yang sulit tersebut akan mampu diselesaikan dengan baik.

Pembina Yayasan Ir. H. Hidatullah Daud, M.T. menyatakan bahwa penggabungan STKIP BBG dengan STKes Lhok Sukon menjadi universitas telah lama diwacanakan, namun karena wabah pandemi hal tersebut ditunda. Kita harapkan perubahan status perguruan tinggi dapat terealisasi tahun ini.

“Terima kasih Bapak/Ibu dari LL Dikti yang telah banyak memberikan arahan, saran, dan bimbingannya. Insya Allah semua hasil masukan akan segera diperbaiki tim BBG. Harapannya telah membimbing kami demi kesempurnaan program ini,”pungkasnya.

Bagikan
Skip to content