Lidya Hidayatullah Wakili STKIP BBG Pada Young Muslim Women Summit 2021

15 April 2021 | BBG News

PDF version

Mewakili STKIP BBG dan Indonesia, Lidya Hidayatullah terpilih menjadi salah satu peserta Young Muslim Women Summit yang diadakan oleh Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) pada 6 – 8 April 2021 secara online. Perhelatan ini diikuti oleh 126 peserta dari lebih 40 negara dari seluruh dunia dengan tema utama “Perempuan sebagai Emerging Power abad ke 21”. Diisi oleh pembicara pemimpin wanita Muslim dari berbagai bidang dan negara, subtema konferensi meliputi: kepemimpinan perempuan dalam dunia super kompetitif paska pandemik covid 19, potensi dan peluang bagi ilmuwan muda wanita, pengaruh dan kekuatan wanita di industri media, influencer sebagai pendorong pemberdayaan perempuan, aktivisme dan partisipasi perempuan, dan peluang bagi atlit muda perempuan.

Muhammad Ameen Timamu, perwakilan dan Media Expert di ICYF, menyampaikan bahwa The Young Muslim Women Summit’s bertujuan untuk menyatukan pemimpin perempuan Muslim dari berbagai bidang, untuk menciptakan blueprint bagi pemimpin perempuan masa depan baik yang berasal dari wilayah Organization of Islamic Coorperation (OIC)  maupun wilayah lainnya. Timamu juga menekankan bahwa meskipun konferensi didominasi oleh peserta perempuan, peserta pria juga ikut turut andil dalam menyukseskan konferensi dalam hal partisipasi. Lebih lanjut, Timamu  menekankan pentingnya kebersamaaan untuk membangun kemaslahatan umat dimasa depan, dimana kunci keberhasilan masa depan Islam bergantung dari kerja sama antara baik wanita maupun pria, bukan hanya satu pihak.  “Konferensi ini membuka mata saya akan banyak hal, terutama mengenai kepemimpinan perempuan yang tidak bisa dipungkiri membawa warna baru dan dampak positif dimasa serba sulit seperti pandemik covid-19 saat ini. Khususnya di institusi kami yang mencentak pendidik masa depan, yang umumnya masih didominasi oleh kaum perempuan, kepemimpinan dan kemampuan adaptasi terhadap tantangan mutlak merupakan tuntutan zaman baik bagi perempuan maupun lelaki”, sahut Lidya.

Ketua STKIP BBG Dr. Lili Kasmini, S.Si., M.Si., mengucapkan selamat kepada Lidya Hidayatullah yang terpilih menjadi salah satu peserta Young Muslim Women Summit. Beliau berharap wakil Indonesia ini bisa menyuarakan pentingnya representasi perempuan Muslim Indonesia dalam event internasional seperti Young Muslim Women Summit. “Kegiatan seperti ini sangat berdampak dalam membuka wawasan dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi di ranah internasional bagi dosen.  STKIP BBG sendiri terus berupaya untuk membina hubungan internasional antar institusi yang baik  untuk mewujukan visi dari BBG sebagai kampus Unggul Mandiri dan Religius (UMAR),” tutupnya.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa