Latihan Pengelolaan Arsip Bagi Staf STKIP BBG

19 September 2014 | BBG News

PDF version

BBG NEWS – Untuk peningkatan layanan administrasi, STKIP BBG mengadakan workshop pengelolaan arsip. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 19 September 2014, pukul 08.00 di ruang rapat lantai I ini diikuti para civitas akademika antara lain pembantu ketua, pimpinan program studi dan segenap tenaga administrasi STKIP BBG.

Narasumber untuk kegiatan pelatihan pengelolaan arsip ini adalah Muhammad, S.IP., Kepala Unit Perpustakaan STKIP BBG. Dalam paparannya, Muhammad menjelaskan, “Masalah umum dalam pengelolaan arsip aktif di STKIP BBG adalah pengarsipan dilakukan masih sebatas lingkup prodi, kemudian pengarsipan surat masuk dan surat keluar masih dilakukan secara manual. Semestinya arsip dilakukan menggunakan sistem informasi kearsipan agar tersusun rapi, terstruktur dan mudah diakses kembali”.

Pada sesi tanya jawab, kegiatan berlangsung lebih interaktif di antara para peserta demikian pula dengan pemateri. “Saya sarankan agar pengarsipan di setiap prodi dilakukan pengkodean dan pengkategorian sesuai dengan kebutuhan akreditasi yang berbentuk SOP sehingga mudah diakses oleh semua orang,” ucap Ayi Teiri Nurtiani, M.Pd., Ketua Program Studi PG-PAUD.

“Hal ini demi keberlangsungan dan kebaikan institusi. Namun demikian sarana dan prasarana, organisasi, pendanaan, dan lain-lain juga harus diperhatikan untuk mendukung kearsipan ini”. Senada dengan peserta yang lain, Wahidah Nasution, M.Pd., Staff Program Studi PBSID menyampaikan, “Semoga dengan kegiatan ini layanan administrasi di STKIP BBG menjadi semakin baik”.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa