Kuliah Lapangan ke Museum Tsunami dan Taman Sari

9 Desember 2014 | BBG News

PDF version

Banda Aceh, BBG NEWS – Mahasiswa Prodi PGSD semester 5 melakukan kuliah lapangan ke Museum Tsunami (matkul Geografi dan Lingkungan Hidup) dan Taman Sari (matkul Kreasi Cipta Sains) pada Jumat, 5 Desember 2014.

Bapak Zainal Abidin, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk melakukan pengumpulan data, dokumentasi atau informasi yang didapatkan dari lapangan bahkan melakukan ujicoba langsung. mahasiswa diminta mencari jawaban melalui buku, film, diaroma atau model yang tersedia, bahkan sangat disarankan melakukan wawancara ke sumber informasi.

Hasilnya mahasiswa sangat antusias melakukan kuliah lapangan tersebut, dimulai dari pukul 14.00 hingga 18.30 mahasiswa asyik belajar dan mengumpulkan informasi terkait mata kuliah yang diikuti. Di Museum Tsunami mahasiswa diminta menelaah, serta memahami proses terjadinya gempa dan gelombang tsunami, menghindarinya serta mempelajari dampaknya terhadap lingkungan alam, sosial dan budaya.

Sedangkan di Taman Sari mahasiswa diminta menganalisis permainan-permainan anak-anak yang berada di lokasi tersebut dan menalaahnya dalam konsep, teori dan hukum sains, mulai dari teknologi yang digunakan, kebermanfaatannya, keamanan sampai dampak dan efeknya.

Di ujung perkuliahan, mahasiswa diminta mengumpulkan laporan kerjanya untuk kemudian didiskusikan kembali di kelas perkuliahan. (*/znl)

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa