Koordinator Kopertis Wilayah XIII Launching KPT STKIP BBG

10 Oktober 2016 | BBG News

BANDA ACEH, BBG NEWS—Koordinator  Kopertis Wilayah XIII Aceh Prof. Jamaluddin Idris, M.Ed. meluncurkan (launching) Kurikulum Perguruan Tinggi STKIP BBG. Kegiatan berlangsung di Plenary Hall, Senin (10/10). Launching KPT dan Workshop Penyusunan RPS tersebut bertema,”Tingkatkan Daya Saing Lulusan yang Unggul, Mandiri, dan Religius melalui Revitasi Kurikulum Perguruan Tinggi Menuju Indonesia yang Bermartabat”.

Fitriati, M.Ed. Ketua Pelaksana menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengirformasikan kpada masyarakat luas tentang berlakunya kurikulum baru (KPT) di STKIP BBG sebagai upaya meningkatkan daya saing lulusan yang unggul, mandiri, dan religius. “Terima kasih kepada tim penyusun KPT  yang telah berusaha dengan gigih dalam merampungkan kurikulum perguruan tinggi, unsur pimpinan dan dosen yang telah menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak Kopertis XIII dan pihak yayasan yang telah mendukung dan memfasilitasi sehingga kurikulum perguruan tinggi ini dapat terimplementasi. Beliau berharap STKIP BBG menjadi kampus terkemuka dalam pelaksanaan kurikulum yang tentunya dengan  bimbingan dari Prof. Jamaluddin Idris, M.Ed.

Ketua Tim Pengembangan Kurikulum STKIP BBG Rita Novita, M.Pd. menyatakan bahwa pelaksanaan KPT bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang cerdas dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Ada enam buku pedoman kurikulum perguruan tinggi yang dihasilkan yakni buku pedoman KPT Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Penjaskesrek, PGSD, dan PG PAUD.

Pakar KKNI  Dr.Ir. Aman Yaman, M.Agric, Sc. dalam testimoninya  menyatakan bahwa STKIP BBG merupakan kampus yang berani dalam memprakarsai kurikulum KPT. “Saya berharap persentase alumni kampus ini akan mendapatkan posisi yang bermartabat dalam dunia kerja,” ujarnya.

Prof. Jamaluddin Idris, M.Ed. menyatakan bahwa ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum yakni akademik, pelatihan, kemandirian, dan pengalaman kerja. “Saya menyampaikan selamat kepada STKIP BBG sebagai pioner dalam pelaksanaan KPT,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan buku pedoman KPT dan cendera mata kepada Prof. Jamaluddin Idris, M.Ed. Hadir dalam acara tersebut Pembina Yayasan Ir. H. Hidayatullah Daud, M.T., Wadek I PPs Unsyiah Dr. Suhendrayatama, M.Eng, Pudek I FKIP Unsyiah Dr. M.Hasan, M.Si, Tim SPMI Kopertis, dosen dan Kepala Sekolah.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa