Ketua PWI Aceh Menjadi Pemateri Workshop Jurnalistik PBSID STKIP BBG

23 Mei 2016 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS—Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Tarmilin Usman, S.E., M.Si. menjadi pemateri pada Workshop Jurnalistik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP BBG. Kegiatan yang bertema, “Peran Jurnalistik dalam Dunia Pendidikan” berlangsung di Aula STKIP BBG, Senin (23/5). Peserta kegiatan tersebut adalah dosen dan mahasiswa PBSID STKIP BBG.

Ketua Prodi PBSID STKIP BBG Rika Kustina, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan workshop ini merupakan bagian dari program kegiatan rutin prodi setiap semester. Kali ini mengangkat tema tentang jurnalistik.  Beliau berharap dengan adanya kegiatan workshop ini, khususnya jurnalistik dapat menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang mereka pelajari. “Seperti yang kita ketahui bahwa lulusan PBSID tidak hanya menjadi guru saja tetapi banyak profesi yang bisa mereka geluti,” ujarnya.

Tarmilin Usman, S.E., M.Si. menyatakan bahwa  menjadi seorang jurnalis harus mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemauan. Hal yang sangat utama adalah mempunyai kemauan untuk menulis. Jurnalis profesional tidak hanya cakap bertanya saja tetapi ia harus pandai mampu menulis dengan baik. “Satu hal lagi yang penting,  seorang jurnalis harus menaati kode etik jurnalistik,”ujarnya.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak peserta yang bertanya seputar masalah jurnalistik kepada pemateri. Kegiatan tersebut dimediasi oleh Wahidah Nasution, M.Pd.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa