PDF version

Kepala Dinas Pendidikan: Jadilah Guru Karena Panggilan Jiwa

7 Agustus 2018 | BBG News

PDF version

BANDA ACEH, BBG NEWS–Sebanyak 189 Mahasiswa PPL STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Dr. Syaminan, M.Pd. Kegiatan berlangsung di aula kampus setempat, Selasa (7/8/2018).

Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa pemerintah sekarang sangat memperhatikan kesejahteraan guru. Selain mendapat gaji yang layak, guru juga mendapat tunjangan sertifikasi. Namun hal itu tidak meningkatkan kualitas pendidik dan siswa. Oleh karena itu, pemerintah membuat kebijakan bahwa guru harus diuji kemampuannya melalui Pendidikan Profesi Guru.

Guru harus lulus PPG sebagai syarat utama. Oleh karena itu, profesi guru ke depan saingannya sangat ketat maka kepada calon guru harus mempersiapkan diri sekarang.

Ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan guru PPL saat terjun ke sekolah. Pertama, mengajar karena panggilan jiwa. artinya menjadi seorang guru bukan hanya profesi tetapi juga ada suatu kebanggaan tersendiri. Ada rasa senang saat mengajar berada di sekolah dan berjumpa dengan siswa. Kedua adalah mendidik dengan hati. Artinya jadilah guru yang tulus dan tidak hanya sebatas mengajar tetapi guru harus menyatu dengan anak dab mengerti setiap permasalahan. Ketiga akal. Mengajar dengan akal berhubungan dengan pembelajaran seintifik. Anak harus disuruh mengamati, mengidentifikasi, menyebutkan, menganalisis dan menyimpulkan.

Ketua STKIP BBG Lili Kasmini, M.Si menyatakan bahwa mahasiswa PPL telah dipersiapkan dengan baik sebelum terjun lapangan. Bahkan selain ujian Michro Teaching, mahasiswa juga wajib mengikuti ujian komprehensif sehingga bisa menjadi guru berkompeten. Sudah banyak kemajuan dalam program PPL di antaranya mahasiswa PPL diminta mengajar di sekolah unggul, pemberdayaan guru PPL untuk melatih siswa di sekolah dalam bidang estrakurikuler, dan ada yg dikontrak untuk menjadi guru tetap sekolah PPL nya usai meraih gelar sarjana.

Ketua unit PPL dan Michro Teaching STKIP BBG Drs. Musdiani, M.Pd. melaporkan bahwa mahasiswa PPL STKIP BBG akan diterjunkan ke 33 sekolah Banda Aceh dan Aceh Besar yakni 12 SMA, 1 SMP, 8 SD, dan 12 PAUD.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa

 BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas dan Peusijuek Dosen UBBG yang Akan Menempuh Jenjang Pendidikan Doktor BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh BBG  NEWS Fantastis, Mahasiswa Penjas UBBG Ini Raih Perunggu pada Kejuaraan Nasional Bela Diri Hapkido BBG  NEWS UBBG Resmi Memperoleh Sertifikat Organisasi Internasional untuk Standardisasi BBG  NEWS UBBG Adakan Penjajakan Kerja Sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh BBG  NEWS BBG TV: Satu-Satunya PTS Aceh Adakan Tes Substantif PPG Prajab untuk 400 Calon Guru BBG  NEWS Menuju Smart University, UBBG Akan Tingkatkan Layanan Kehumasan BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Referee of Discus Throws I ASEAN Paragames 2022 BBG  NEWS 400 Calon Guru Ikut Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 di Kampus UBBG BBG  NEWS Prodi PBI UBBG Terpilih Sebagai Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemdikbud BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas dan Peusijuek Dosen UBBG yang Akan Menempuh Jenjang Pendidikan Doktor BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh BBG  NEWS Fantastis, Mahasiswa Penjas UBBG Ini Raih Perunggu pada Kejuaraan Nasional Bela Diri Hapkido BBG  NEWS UBBG Resmi Memperoleh Sertifikat Organisasi Internasional untuk Standardisasi BBG  NEWS UBBG Adakan Penjajakan Kerja Sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh BBG  NEWS BBG TV: Satu-Satunya PTS Aceh Adakan Tes Substantif PPG Prajab untuk 400 Calon Guru BBG  NEWS Menuju Smart University, UBBG Akan Tingkatkan Layanan Kehumasan BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Referee of Discus Throws I ASEAN Paragames 2022 BBG  NEWS 400 Calon Guru Ikut Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 di Kampus UBBG BBG  NEWS Prodi PBI UBBG Terpilih Sebagai Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemdikbud BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas dan Peusijuek Dosen UBBG yang Akan Menempuh Jenjang Pendidikan Doktor BBG  NEWS Rektor UBBG Lepas 325 Mahasiswa Asistensi Mengajar yang Akan Tersebar di Berbagai Daerah di Aceh BBG  NEWS Fantastis, Mahasiswa Penjas UBBG Ini Raih Perunggu pada Kejuaraan Nasional Bela Diri Hapkido BBG  NEWS UBBG Resmi Memperoleh Sertifikat Organisasi Internasional untuk Standardisasi BBG  NEWS UBBG Adakan Penjajakan Kerja Sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh BBG  NEWS BBG TV: Satu-Satunya PTS Aceh Adakan Tes Substantif PPG Prajab untuk 400 Calon Guru BBG  NEWS Menuju Smart University, UBBG Akan Tingkatkan Layanan Kehumasan BBG  NEWS Dosen Penjas UBBG Terpilih Sebagai Referee of Discus Throws I ASEAN Paragames 2022 BBG  NEWS 400 Calon Guru Ikut Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2022 di Kampus UBBG BBG  NEWS Prodi PBI UBBG Terpilih Sebagai Penerima Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemdikbud