Keindahan Danau Lut Tawar dari Puncak Bur Telege

27 Desember 2019 | BBG News

PDF version

Oleh: Sri Wahyuni, Mahasiswa PENBI BBG

Takengon, Aceh Tengah,Aceh adalah daerah yang dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan, karena daerahnya yang berada di dataran tinggi, dan memiliki objek wisata alam yang sangat mempesona dan memanjakan para wisatawan yang dating ke daerah tersebut. Salah satu objek wisata yang sedang popular dikalangan masyarakat saat ini yaitu Bur Telege atau Bur gayo.

Bur Telege terletak di kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Aceh Tengah. Berada di ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut.  Bur Telege adalah objek wisata yang telah disulap menjadi sebuah taman dengan nuansa kekinian. Objek wisata ini tidak jauh dari pusat kota Aceh Tengah, Takengon. Jika wisatawan melihat tulisan besar “Gayo Highland” di bukit di atas Danau Lut Tawar di situlah lokasi wisata tersebut.

Bur Telege adalah nama lain dari Bur Gayo.  Disebut Bur Telege karena di atas bukit ini terdapat sebuah sumur yang menurut pendapat orang tua dahulu, airnya tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau. Destinasi wisata ini telah dibuka sejak Juni 2017 lalu oleh warga sekitar.

Untuk mencapai puncak Bur Telege wisatawan harus memakan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota takengon. Jalanan menuju wisata ini ada sebagian menanjak dan sebagian menurun sehingga menimbulkan sensasi tersendiri bagi para wisatawan. Untuk masuk ke wisata ini wisatawan hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang.

Pada puncak Bur Telege udara sangat sejuk dan nyaman serta sepanjang mata memandang, terdapat hutan pinus, Kota Takengon dan keindahan Danau Lut tawar yang terlihat sangat jelas. Selain itu pengelola telah menyiapkan banyak spot foto yang unik dan menarik untuk para wisatawan yang gemar berfoto. Dan untuk para pengunjung telah disediakan tempat bermain anak dan juga cafe untuk menikmati kopi asli Gayo.

Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa